Basuki Minta Tambahan Anggaran Rp26 Triliun untuk Badan Otorita IKN

Basuki Minta Tambahan Anggaran Rp26 Triliun untuk Badan Otorita IKN

Terkini | okezone | Selasa, 20 Agustus 2024 - 17:55
share

JAKARTA - Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara ( OIKN ) sekaligus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta tambahan anggaran Rp26 triliun untuk Badan Otorita IKN.

Basuki menjelaskan anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk melakukan pemeliharan seluruh bangunan gedung perkantoran di IKN serta sarana dan prasarana yang sebelumnya sudah dibangun menggunakan APBN. Mulai dari Istana dan Kantor Presiden dan Wakil Presiden, 4 komplek perkantoran Kemenko, 47 Tower ASN, dan lain sebagainya.

"Kalau pagu indikatif OIKN Rp505 miliar, itu tidak termasuk pemeliharan dan pembangunan. Kami mengusulkan kalau mau bocorannya Rp26 triliun (pagu OIKN 2025)," ujar Basuki saat ditemui di Kantornya, Selasa (20/8/2024).

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan seluruh infrastruktur yang dibangun menggunakan APBN oleh Kementerian PUPR nantinya akan diserahkan menjadi aset OIKN. Sehingga menurutnya, akan memerlukan banyak anggaran untuk melakukan pemeliharaan untuk infrastruktur tersebut.

"Sekarang kami usulkan (OIKN) untuk bisa memelihara prasarana yang sudah dibangun oleh PUPR, kita serahkan ke OIKN, mereka memelihara. Itu butuh anggaran juga," tambahnya.

Topik Menarik