Mahasiswa Internasional UNS Pelajari Seni Kebudayaan Jawa

Mahasiswa Internasional UNS Pelajari Seni Kebudayaan Jawa

Terkini | okezone | Selasa, 20 Agustus 2024 - 15:31
share

JAKARTA - Mahasiswa Internasional Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta mengunjungi Pusat Unggulan Iptek (PUI) Javanologi. Kunjungan ini dalam rangka mempelajari seni kebudayaan Jawa.

Kali ini Batik dan Karawitan ditunjukkan kepada mahasiswa internasional UNS peserta program Summer Camp INHERIT 2024. Kegiatan berlangsung di Gedung R.Ng Ranggawarsita dan Pendhapa R.Ng. Yasadipura PUI Javanologi UNS.

Program ini merupakan rangkaian kegiatan Summer Camp yang diselenggarakan oleh UPT Kerjasama dan Layanan Internasional (KLI) atau International Office (IO) UNS.

Sebanyak 30 mahasiswa yang terdiri dari 15 mahasiswa Daito Bunka University, Jepang; 7 mahasiswa Kokushikan University, Jepang; dan 8 mahasiswa Internasional UNS yang berasal dari Jepang, Mesir, Namibia, Nigeria, dan Timor Leste.

Kelas pertama dimulai dengan karawitan yang dipimpin oleh pegiat PUI Javanologi UNS, Takariadi Sapto Dibyo. Dia membuka kelas dengan memberi penjelasan tentang karawitan dan lagu yang akan dimainkan. Para peserta Summer Camp INHERIT 2024 terlihat antusias mempraktikkan gamelan.

Dalam waktu satu jam, para peserta sudah dapat menangkap nada yang dimainkan, ujar Takariadi Sapto Dibyo dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Topik Menarik