Peringati Hapernas 2024, Kementerian PUPR BP2P Sulawesi III Ajak Pengembang Lakukan Penanaman Pohon

Peringati Hapernas 2024, Kementerian PUPR BP2P Sulawesi III Ajak Pengembang Lakukan Penanaman Pohon

Terkini | celebes.inews.id | Selasa, 20 Agustus 2024 - 15:30
share

MAKASSAR, iNewsCelebes.id -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) BP2P Sulawesi III bersama Pengembang Perumahan Bumi Findaria Mas II melaksanakan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Perumahan Nasional (HAPERNAS) 2024, di Perumahan Bumi Findaria Mas II Maros, Minggu (18/08/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Oleh Plh kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi III, Dr. Chandra R.P Situmorang, ST., MT., beserta jajaran dan Kasatker Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Selatan, Muh. Rezky Agung Hakiki, ST.,MT beserta jajaran.

Turut hadir Bupati Maros, H.A.S. Chaidir Syam S.IP., M.H., Wakil Ketua BAZNAS Provinsi Sul-Sel, H. Abd Azis Bennu, Sekda Maros sekaligus Plt Kadis Perumahan, Permukiman dan Lingkunan hidup, Amiruddin S.Sos, M.Si., Manager Jotun, Amri Husain, ST., dan Asosiasi REI beserta seluruh Kepala Balai lingkup Kementerian PUPR yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Bupati Maros, H.A.S. Chaidir Syam S.IP.,M.H., dalam sambutannya mengajak masyarakat ikut andil dalam upaya pelestarian lingkungan.

Hari ini kita menanam, generasi berikut akan menikmati hasil yang kita tanam hari ini, maka tanamlah dengan ketulusan dan keikhlasan. Kita hijaukan tanah ini. Kita tanami pepohonan berbagai jenis pohon, pungkas Chaidir.

Sementara itu, menurut Plh Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi III, Dr. Chandra R.P Situmorang, ST., MT., perayaan Hapernas tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hapernas yang biasanya diselenggarakan di lingkungan Rumah Susun, kali ini diselenggarakan di lingkungan Perumahan.

Kami ingin memperlihatkan kepada bapak ibu sekalian, bahwa pembangunan perumahan MBR di Sulawesi Selatan berkembang pesat, perumahan MBR yang kerap kali identik dengan rumah dengan desain RSSSS (Rumah Sangat Sederhana Sumpek Sempit Sekali) dan lingkungan yang tidak tertata, sekarang dapat terlihat ternyata ada perumahan MBR dengan lingkungan jauh dari gambaran tersebut, salah satunya di tempat kita sekarang ini bapak-ibu, ujar Chandra.

Untuk diketahui, PT. Mandiri Pratama Putra telah berkomitmen untuk mendukung pembangunan perumahan, MBR dan Bumi Findaria Mas II ini adalah salah satunya. Bumi Findaria ini telah mendapat bantuan PSU sebanyak 2 kali dengan total 660 unit, di tahun 2020 (293 unit, 27 ruas) dan di tahun 2023 (367 unit, 30 ruas) dan sedang tahap pembangunan adalah Bumi Findari 3 yang juga mendapatkan bantuan jalan perumahan di tahun 2024 ini sebanyak 426 unit.

Penyelenggaraan perumahan harus dikerjakan bersama untuk memastikan pembangunan perumahan yang inklusif, kita saling membutuhkan. Tapi bapak ibu, kami yakin, kita semua dapat mewujudkan cita-cita bung Hatta, menjawab tantangan SDGs dan melaksanakan amanat Undang-undang, kita bisa, jelas Chandra. (*)

Topik Menarik