Viral Ambulans Terhenti saat Iring-iringan Jokowi Melintas, Istana Minta Maaf

Viral Ambulans Terhenti saat Iring-iringan Jokowi Melintas, Istana Minta Maaf

Terkini | inews | Kamis, 27 Juni 2024 - 09:21
share

JAKARTA, iNews.id - Viral video ambulans yang sedang membawa pasien terhenti saat rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melintas di Sampit, Kalimantan Tengah. Terkait hal itu, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana menyampaikan permohonan maaf.

"Kami memohon maaf kepada keluarga dan masyarakat atas kejadian tersebut, dan akan selalu mengingatkan kembali kepada semua jajaran pengamanan," kata Yusuf, Kamis (27/6/2024).

Yusuf menjelaskan, pada dasarnya, sesuai prosedur pihaknya memberikan prioritas kepada ambulans dan tidak akan menghambatnya. Begitu juga kendaraan pemadam kebakaran.

"Sering kali di jalanan rangkaian kepresidenan menepi dan disalip oleh ambulans karena memang itu adalah prioritas sesuai SOP kami," kata Yusuf.

Pihaknya memastikan, tim di lapangan selalu diingatkan untuk selalu memperhatikan standar operasional prosedur (SOP) dalam pengamanan Presiden Jokowi.

"Di lapangan tim kepresidenan selalu memberikan arahan dan informasi kepada tim pengamanan wilayah untuk menerapkan SOP tersebut," ujar Yusuf.

Sebelumnya, pemilik akun X @NinzExe07 membagikan potongan video sebuah mobil ambulans yang berhenti menunggu iring-iringan Presiden Jokowi melewati RSUD Dr Munjani Sampit. Pemilik akun tersebut mengungkapkan di dalam ambulans terdapat pasien.

"Bismillah. Nasib di negeri Konoha, astaghfirullah. Pasien di bawa pakai ambulan, di suruh matikan sirene nya dan minggir dulu hanya demi rombongan @jokowi Lewat !! Kalau pasien itu meninggal gimana donk !! Kejadian di Sampit !!," tulis pemilik akun tersebut.

Topik Menarik