Eks Napi Lapas Cirebon soal Kasus Vina: Sejak Awal Sudah Terjadi Manipulasi

Eks Napi Lapas Cirebon soal Kasus Vina: Sejak Awal Sudah Terjadi Manipulasi

Terkini | inews | Kamis, 6 Juni 2024 - 15:59
share

CIREBON, iNews.id - Budi Permadi alias Abi mantan warga binaan Lapas kelas 1 Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat menduga terjadi manipulasi dalam penanganan kasus vina Cirebon. Kesimpulan itu usai dia mendengarkan curhatan dari ketujuh terpidana pembunuhan Vina dan Eky selama di penjara.

"Saya mendengar curhatan dari ketujuh terpidana, salah satunya Sudirman. Kasihan mereka sampai dihukum seumur hidup. Dari curhatan itu maka saya punya pemikiran dari awal proses kasus ini sudah manipulasi. Tidak ada satu pun kebenaran, terkesan polisi asal tangkap," ujar Abi, napi yang bebas dari penjara sejak 2019, Rabu (5/6/2024).

Menurutnya, apa yang dia dengar dari curhatan ketujuh terpidana sama dengan keterangan Saka. Mereka semua terintimidasi dan disuruh mengakui perbuatan yang tidak dilakukan.

Abi yang bebas pada tahun 2019 mengungkapkan kegelisahan para terpidana selama di lapas. Mereka sering berbincang tidak terlibat pembunuhan Vina dan Eky.

"Sudirman itu badanya kecil sering sakit. Dia bulang takut karena badannya sudah gak kuat lagi, akhirnya mengaku. Mereka bilang sewaktu proses BAP digulung habis (mendapat perlakuan kekerasan untuk mengakui yang tidak dilakukan)," katanya.

Abi juga mempertanyakan sikap Iptu Rudiana ayah korban Eky yang hingga saat ini tidak muncul ke publik. Dia menilai yang bersangkutan harus menjelaskan kasus tersebut dengan sebenarnya.

Topik Menarik