Viral, Air Terjun Indah di Geopark China Disebut Buatan Manusia

Viral, Air Terjun Indah di Geopark China Disebut Buatan Manusia

Terkini | inews | Kamis, 6 Juni 2024 - 14:09
share

BEIJING, iNews.id - Netizen di China dibuat heboh dengan video yang menunjukkan air terjun di geopark Provinsi Henan buatan manusia. Ini bermula dari posting-an video di platform berbagi video Douyin menunjukkan adanya pipa di tepi air terjun.

Netizen pun ramai membahas dengan menyebut air yang dihasilkan air terjun itu berasal dari pipa yang dialiri, bukan alami.

Seseorang yang mengunggah video itu di Douyin mengatakan, dia bersusah payah untuk mengunjungi tempat wisata terkenal Yuntai Geopark itu karena keindahan alamnya

Namun penguna sangat kecewa melihat rekaman video yang dia ambil, menunjukkan air keluar dari pipa. Video itu lalu diunggah di Douyin, semacam TikTok, pada 3 Juni. Dalam 2 hari, video dilihat 73.000 kali lebih, dibagikan 48.000 kali, dan mendapat 6.000 lebih komentar.

Para netizen berkomentar curiga, air terjun lain di China kemungkinan juga buatan manusia.

Sementara itu seorang pejabat Yuntai Geopark, dalam komentarnya di akun Weibo, menjelaskan Weibo pada 4 Juni membenarkan soal pipa tersebut. Dia menjelaskan pipa itu hanya untuk memastikan aliran air yang banyak saat musim kemarau sehingga pengunjung tak kecewa.

Kami melakukan sedikit peningkatan selama musim kemarau untuk memberikan Anda pengalaman lebih baik, ujarnya.

Pernyataan sang pejabat mengundang berbagai komentar netizen. Ada yang menilai secara positif karena pengelola mengakui adanya pipa itu dan apa kegunaannya.

"Air terjun kuno juga mengalami musim kemarau dan banjir," kata seorang pengguna Weibo.

Pernyataan ini ditulis dengan baik, mereka tidak menyangkal fakta, ujar pengguna lainnya.

Topik Menarik