Galang Kesepakatan PDI Perjuangan Kumpulkan  10 Bacalon Walkot dan Wawalkot Tegal

Galang Kesepakatan PDI Perjuangan Kumpulkan 10 Bacalon Walkot dan Wawalkot Tegal

Terkini | tegal.inews.id | Rabu, 5 Juni 2024 - 21:00
share

KOTA TEGAL , iNews.id - Galang Kesepakatan, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Tegal mengumpulkan 10 Bakal calon (Bacalon) Wali Kota (Walkot) dan Wakil Walikota (Wawalkot) Tegal di rumah makan Dapur Tempo Dulu, Kota Tegal, Selasa (4/6/2024) malam.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, H Edy Suripno SH MH usai acara mengatakan pihaknya mengumpulkan Bakal calon walikota dan Wakil Walikota Tegal dalam silaturahmi tujuannya untuk mendekatkan hubungan emosional antar bacalon, sekaligus menyamakan pandangan terkait pilkada 2024 mendatang.

"Kami menyampaikan mekanisme di PDI Perjuangan hingga rekomendasi keluar sangat terbuka. Sehingga, kita kumpulkan bacalonnya dan sampaikan dasarnya kemudian prosesnya," kata Edy Suripno.

Hingga nanti rekomendasi turun kata Edy, ada 3 tahapan yang akan dilakukan. Pertama adalah survei, untuk melihat dan memotret kesiapan dari sisi elektoral. Setelah itu ada fit and propertes.

Untuk saat ini tahapan penjaringan, dan selanjutnya penyaringan melalui fit and propertest. Berikutnya, ada psikotes dan wawancara terkait kesiapan dalam rangka menangkan Pilkada 2024 mendatang. Setelah itu selesai dikirim ke DPP sehingga rekomendasi keluar.

"PDIP dalam kaitan Pilkada ini memiliki keterbukaan terhadap bakal calon. Semua berjalan linier, karena ini terkait dengan harapan masyarakat yang akan dipertaruhkan agar dapat dipertanggungjawabkan," terangnya.

Terkait survei hanya akan dilakukan sekali dan DPP PDI Perjuangan sudah mengantongi 12 lembaga survei profesional. Meski begitu, dari DPD kemungkinan akan menggunakan 1 lembaga untuk seluruh Jawa Tengah. Sedangkan untuk anggaran, ujar Edy, sekitar Rp130 juta yang dipikul bersama-sama bacalon. Dengan komposisi untuk bacalon Walikota 70 persen dan Wakil 30 persen.

"Saya kira tidak memberatkan dan ini transparan. Kami juga persilahkan Bacalon melakukan sosialisasi hingga nanti pelaksanan saat survei," tutup Edy.

Salah satu Bacalon Walikota Tegal Faruq Ibnul Haqi mengatakan pihaknya menyampaikan apresiasi telah diundang dalam pertemuan itu. "Ini bagus sekali. Nantinya menjadi proses akan terukur dan kami akan mengikuti seluruh proses," kata Faruq.

Topik Menarik