71 Warga Keracunan Massal di Cipaku Bogor, 1 Orang Meninggal

71 Warga Keracunan Massal di Cipaku Bogor, 1 Orang Meninggal

Terkini | inews | Selasa, 4 Juni 2024 - 06:17
share

BOGOR, iNews.id - Puluhan warga mengalami keracunan makanan di Cipaku, Bogor Selatan, Kota Bogor. Satu orang meninggal dunia akibat keracunan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan, awalnya banyak warga yang mengeluhkan gejala yang sama di Puskesmas Cipaku, Senin (3/6/2024) siang. Mereka datang dengan keluhan diare, muntah, nyeri perut dan lainnya.

"Hampir bersamaan, 50 (orang) datang ke puskesmas. Kami mencurgai ini setelah kita wawancara dan analisis ada riwayat yang sama," kata Retno, Senin (3/6/2024).

Diketahui, para warga makan-makan di sebuah acara haul meninggalnya seseorang pada Sabtu 2 Juni 2024.

Hingga Senin malam kemarin, tercatat 71 warga mengalami gejala keracunan. Dari jumlah tersebut, terdapat 1 orang meninggal dunia di rumah sakit.

"Kondisinya yang di (RS) Juliana pasien sempat berobat ke Cipaku, kita berikan pertolongan dan dirujuk. Jam 16.00 WIB tadi ada kabar satu pasien meninggal. Tadi kami koordinasi dengan rumah sakit untuk penyebab kematiannya," ujarnya.

Selain itu, Dinkes Kota Bogor juga mengambil sampel makanan, feses pasien dan lainnya untuk diuji laboratorium.

"Dugannya memang dari sumber makanan yang sama di acara haul," tambahnya.

Berdasarkan hasil penelusuran sementara, diketahui makanan yang diolah untuk warga itu telah dibuat sehari sebelumnya. Dinkes masih menginvestigasi lebih lanjut kejadian ini.

Topik Menarik