Terungkap! Joe Biden Nyaris Tak Bisa Ngomong sebelum Debat Perdana dengan Donald Trump

Terungkap! Joe Biden Nyaris Tak Bisa Ngomong sebelum Debat Perdana dengan Donald Trump

Terkini | inews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 19:56
share

WASHINGTON DC, iNewsid Presiden AS Joe Biden mendapat penilaian buruk atas penampilannya di debat capres perdana dengan mantan Presiden Donald Trump, Kamis (27/6/2024) pekan lalu. Namun, laporan media Amerika menyebutkan, Biden pada saat itu ternyata sedang tidak berada dalam kondisi prima.

Politico pada Jumat (5/7/2024) melaporkan, Biden nyaris tidak dapat berbicara dua hari sebelum menghadiri debat karena kedinginan dan kelelahan yang parah. Hal itu terungkap lewat penuturan sejumlah sumber yang mengetahui situasi tersebut. Pada Jumat (28/6/2024) pekan lalu, atau sehari setelah debat, Biden mengatakan dalam sebuah wawancara dengan ABC News bahwa dia sedang sakit dan merasa tidak enak badan selama debat.

Sehari sebelum debat atau Rabu (25/6/2024), Biden bangun pagi dalam keadaan pilek. Dia lalu mengadakan latihan singkat debat dengan stafnya, dan kemudian beristirahat sepanjang hari,

Masih menurut laporan Politico yang mengutip lima sumber, tes Covid-19 terhadap Biden menunjukkan hasil negatif. Keesokan harinya, para ajudannya mencoba mengikuti perdebatan tersebut, dan persiapan berlanjut hingga Kamis pagi. Beberapa ajudannya yakin peningkatan latihan tersebut semakin melelahkan Biden.

Biden tampak bingung dan tidak nyambung selama debat pertamanya dengan calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, pada Kamis pekan lalu. Hal tersebut semakin menguatkan kekhawatiran banyak kalangan mengenai kemampuan kognitifnya sebagai capres di usia yang sudah menginjak 81 tahun.

Pilpres AS 2024 dijadwalkan berlangsung pada 5 November nanti. Kompetisi demokrasi itu diperkirakan bakal menjadi ajang tarung ulang antara Biden dan Trump. Trump dan Biden akan kembali berdebat pada 10 September.

Topik Menarik