Makan Mie Instan Berlebihan Berdampak Buruk bagi Kesehatan, ini Penjelasannya.

Makan Mie Instan Berlebihan Berdampak Buruk bagi Kesehatan, ini Penjelasannya.

Terkini | banten.inews.id | Minggu, 2 Juni 2024 - 19:30
share

JAKARTA, iNewsBanten- minstan merupakan makanan cepat saji yang praktis dan mudah dimasak. Makanan tersebut telah menjadi salah satu pilihan favorit orang di seluruh dunia. Saat ini mie instan tersaji dengan bervariasi macam rasa yang lezat, sehingga membuat mie instan kian digemari banyak orang.

Namun kenyataannya, kebiasaan makan mie instan terlalu sering memiliki dampak negatif pada kesehatan. Hal ini diungkap oleh seorang dokter sekaligus influencer kesehatan, dokter Fajri Addai, melalui akun instagramnya. @dr.fajriaddai.

Terkait hal tersebut dokter Fajri menuliskan beberapa poin penting mengapa harus menghindari konsumsi mie instan terlalu sering. Beberapa diantaranya adalah:

1. Malnutrisi

Mie instan sering kali kaya akan lemak jenuh, sodium, dan kalori tinggi, sementara nutrisi esensial seperti serat, vitamin, dan mineral sering kali rendah. Mengandalkan mie instan sebagai makanan utama dapat menyebabkan defisiensi nutrisi yang berdampak buruk pada kesehatan jangka panjang.

Zat gizi pada mie sebagian besar hanya mengandung karbohidrat, sehingga kurang melengkapi kandungan lain seperti protein, lemak, serat, vitamin dan mineral yang dapat berdampak pada malnutrisi.

2. Tinggi Kalori Menyebabkan Obesitas

Mengonsumsi mie instan secara berlebihan dapat mengakibatkan peningkatan berat badan karena kandungan kalori dan lemak jenuh yang tinggi. Sebuah hidangan yang terdiri dari satu porsi mie instan dan telur biasanya mengandung sekitar 500 kalori.

Sementara itu, menu makanan yang lebih sehat seperti nasi, sayuran, dan ayam atau daging memiliki total kalori hanya sekitar 400-500 kalori. Ini menunjukkan bahwa pengonsumsian mie instan dalam jumlah yang sama dengan makanan sehat tersebut dapat menyebabkan asupan kalori yang berlebihan.

3. Menyebabkan Sindrom Metabolik

Obesitas adalah faktor risiko utama untuk berbagai penyakit serius seperti diabetes tipe dua, penyakit jantung, dan stroke. Mengonsumsi mie instan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas. Banyak mie instan juga mengandung tambahan gula dan karbohidrat olahan, yang dapat meningkatkan risiko resistensi insulin dan peningkatan kadar gula darah, yang merupakan faktor-faktor terkait dengan sindrom metabolik.

4. Risiko Sakit Jantung Koroner, Stroke, Kerusakan Ginjal Akan Meningkat

 

Mie instan seringkali tinggi akan kandungan lemak jenuh, sodium, dan kalori tinggi. Konsumsi berlebihan dari bahan-bahan ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Sodium yang tinggi dalam mie instan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Selain itu, lemak jenuh yang tinggi dalam mie instan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah, yang dapat menyumbat arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Dokter Fajri menyarankan untuk tidak sering mengonsumsi mie instan. Dia mengatakan bahwa singkatnya, boleh makan mie instan tapi jangan terlalu sering apalagi setiap hari. Juga diperhatikan komposisi gizi setiap makanan yang kita makan.

Penting untuk mengurangi konsumsi mie instan dan beralih ke makanan yang lebih sehat dan alami untuk menjaga kesehatan tubuh jangka panjang. Jaga pola makan yang seimbang dan beragam untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

 

Topik Menarik