DPR Setujui Pembentukan Pansus Evaluasi Pelaksanaan Haji 2024

DPR Setujui Pembentukan Pansus Evaluasi Pelaksanaan Haji 2024

Terkini | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 21:18
share

JAKARTA, iNews.id - Pimpinan DPR menyetujui usulan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk mengevaluasi pelaksanaan ibadah haji 2024. Usulan ini disampaikan dalam rapat paripurna DPR, Kamis (4/7/2024).

Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR, John Kennedy Aziz menyampaikan banyak permasalahan yang dihadapi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Timwas menilai, ada pelanggaran undang-undang di balik pembagian tambahan kuota haji.

"Di samping itu ada masalah haji yang lain seperti overcapacity tenda di Mina, Arafah, makanan, dan transportasi selama di Arab Saudi. Itu adalah suatu permasalahan yang tahun ke tahun tidak ada penyelesaiannya oleh pemerintah," kata John Kennedy dalam interupsinya di ruang rapat paripurna.

Legislator Golkar itu menyampaikan usulan pembentukan pansus ini telah dibahas pada saat rapat timwas di Arab Saudi. Rapat itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPR, Lodewijk F. Paulus.

Menindaklanjuti usulan tersebut, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel yang bertindak sebagai pimpinan rapat paripurna menerima usulan Timwas Haji DPR.

"Baik karena waktu sudah selesai, saya kira karena Pak Lodewijk sudah mengatakan membuat Pansus ya kami menyetujui untuk dibuat pansus," ujar Gobel sambil mengetuk palu sidang.

Topik Menarik