Ilmuwan Belajar Cara Jitu Memperlambat Penuaan Manusia dari Cacing

Ilmuwan Belajar Cara Jitu Memperlambat Penuaan Manusia dari Cacing

Teknologi | sindonews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 12:00
share

Ilmuwan telah menemukan cara baru yang mungkin dapat memperlambat proses penuaan. Mereka mengamati hewan tertentu untuk mempelajari elemen tersembunyi yang dapat membantu memperlambat penuaan manusia dan meningkatkan harapan hidup manusia di seluruh dunia.

Di AS, wanita diharapkan hidup hingga usia 80,2 tahun, sementara pria memiliki harapan hidup lebih rendah yaitu 74,8 tahun, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Namun kini, para peneliti yakin keadaan mungkin akan berubah karena cara baru untuk menghentikan penuaan sedang dalam pengembangan.

Sebuah tim peneliti yang berbasis di Budapest telah menemukan bagian-bagian DNA kita yang mampu menggoyahkan kode genetik yang membuat kita menua.

Eksperimen pada cacing untuk mempelajari lebih lanjut tentang hal ini telah dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Dr. Ádám Sturm dan Dr. Tibor Vellai, dari Universitas Eötvös Loránd.

Selama pengujian, kelompok tersebut melihat bagian-bagian DNA kita yang dikenal sebagai elemen transposabel (TE).

TE ini - lebih umum disebut sebagai 'gen pelompat' - dapat berpindah-pindah dalam kode genetik kita.

Jika terlalu banyak pergerakan, maka kode genetik kita bisa menjadi tidak stabil dan fungsi sel bisa terganggu - sehingga menyebabkan penuaan.

Menariknya, penelitian telah menemukan bahwa ada beberapa sel yang tidak menua, termasuk sel punca kanker.Dr. Sturm dan Dr. Vellai sebelumnya telah merilis makalah di mana mereka membahas proses yang terjadi pada sel punca kanker, jalur tersebut, dan bagaimana hal itu dapat membantu konsep 'keabadian'.

Sekarang, mereka telah membawa penelitian mereka ke tingkat berikutnya.

Dalam studi tersebut, tim berusaha untuk memperkuat jalur pada cacing dengan menggunakan teknik untuk 'menurunkan regulasi' aktivitas TE.

Yang luar biasa, hasilnya menunjukkan bahwa cacing tersebut sebenarnya menua lebih lambat dari sebelumnya.Ketika para peneliti mengendalikan beberapa TE secara bersamaan, efeknya berlipat ganda untuk meningkatkan umur cacing hingga 30.

Mengomentari temuan tersebut, Dr. Sturm berkata: "Dalam (eksperimen) rentang hidup kami, hanya dengan menurunkan regulasi TE atau mengekspresikan elemen jalur Piwi-piRNA secara somatik, kami mengamati keuntungan rentang hidup yang signifikan secara statistik.

"Ini membuka pintu bagi segudang aplikasi potensial di dunia kedokteran dan biologi."

Baca Juga: 7 Buah dan Sayur untuk Mengatasi Jerawat, Tomat Bisa Memperlambat Penuaan Sel Kulit

Studi ini dapat membantu menginformasikan ilmuwan tentang cara-cara untuk memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan manusia di usia senja.

“Modifikasi epigenetik ini dapat membuka jalan bagi metode untuk menentukan usia dari DNA, menyediakan jam biologis yang akurat,” ujar Dr. Vellai. Jika efektif pada manusia, studi pada cacing ini dapat membantu kita untuk hidup lebih lama dan bahkan mungkin menjadi jawaban atas keabadian.

Topik Menarik