Samsung Luncurkan Ponsel Super Aman Galaxy Quantum 5, Dilengkapi Chipset Kuantum

Samsung Luncurkan Ponsel Super Aman Galaxy Quantum 5, Dilengkapi Chipset Kuantum

Teknologi | okezone | Senin, 2 September 2024 - 18:05
share

SAMSUNG telah meluncurkan Galaxy Quantum 5, yang merupakan ponsel versi yang sangat aman dari Galaxy A55. Ponsel ini merupakan hasil kerja sama dengan SK Telecom dan ID Quantique yang dilengkapi dengan chip keamanan kriptografi kuantum untuk meningkatkan kemampuan keamanan daringnya.

Sebagai ponsel kolaborasi dengan SK Telecom, perusahaan telekomunikasi terbesar Korea Selatan, dan eksklusif untuk jaringannya, Samsung Galaxy Quantum 5 hanya bisa didapat di Negeri Ginseng.

Dilansir Gizmochina, ponsel ini dilengkapi dengan chip Quantum Random Number Generator (QRNG) ID Quantique yang menggunakan fisika kuantum untuk menghasilkan angka acak. Tidak seperti generator angka acak tradisional, yang dapat dipengaruhi oleh faktor luar, QRNG menghasilkan angka yang benar-benar acak dan tidak dapat diprediksi. Angka-angka ini kemudian digunakan dalam proses enkripsi/dekripsi data sensitif seperti biometrik atau kata sandi. Selain disertakannya chip QRNG, perangkat ini pada dasarnya adalah Galaxy A55.

Seperti Galaxy A55, Samsung Quantum 5 memiliki layar Super AMOLED 6,6 inci dengan resolusi FHD+ dan kecepatan refresh 120Hz. Ponsel ini ditenagai chipset Exynos 1480, dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB, serta berjalan pada sistem operasi Android 14. Perangkat ini dilengkapi dengan chip Quantum Random Number Generator (QRNG) dari ID Quantique.

 

Rangkaian kamera ponsel ini mencakup kamera belakang primer 50MP, kamera ultrawide 12MP, kamera makro 5MP, dan kamera depan 32MP. Selain itu, ponsel ini memiliki baterai 5.000mAh yang mendukung pengisian cepat 25W.

Sebagaimana disebutkan, Samsung Quantum 5 hanya tersedua di Korea Selatan dan ditawarkan dengan harga KRW 618.200 (sekira Rp7,1 juta), Quantum 5 tersedia dalam tiga pilihan warna: Awesome Ice Blue, Awesome Lilac, dan Awesome Navy.

Topik Menarik