Mengenal Kambing Damaskus, Bintang Kontes Kecantikan Bernilai Fantastis

Mengenal Kambing Damaskus, Bintang Kontes Kecantikan Bernilai Fantastis

Teknologi | sindonews | Jum'at, 2 Agustus 2024 - 07:52
share

Kontes kambing belakangan marak di tanah air dengan kambing etawa ras Kaligesing sebagai bintangnya. Di belahan dunia lain tersebutlah kambing Damaskus karena keunikannya.

Dalam sebuah kontes kambing di Riyadh, Arab Saudi misalnya, kambing Damaskus terindah dibeli oleh pemiliknya seharga 150.000 Riyal, bernilai sekitar USD40.000 atau setara Rp651 juta pada tahun 2018. Lantas apa keunikan kambing ini sehingga bernilai fantastis?

Makhluk tidak biasa apa ini oleh seorang pengguna TikTok digambarkan sebagai "kambing mimpi buruk era Renaisans". Dilansir dari IFL Science, Jumat (2/8/2024), ras khusus ini pertama kali menarik perhatian publik pada tahun 2018 ketika video tentang kambing "monster" mulai beredar di media sosial, menampilkan wajah datar, gigitan atas yang menonjol, dan dahi yang menonjol. Belum lagi, body kambing itu juga sangat besar.

Tetapi meskipun itu mungkin contoh paling terkenal dari ras ini, banyak kambing Damaskus sebenarnya tidak terlihat seperti itu. Beberapa ciri khas masih ada, tetapi jauh lebih lembut pada populasi ternak.

Misalnya, kambing Damaskus masih merupakan ras yang cukup besar dibandingkan dengan kambing lainnya, dengan ukuran tinggi sekitar 78 sentimeter ketika dewasa dan biasanya memiliki moncong tumpul yang unik. Kambing Damaskus juga memiliki kemiripan dengan Jar Jar Binks, terlahir dengan telinga yang menjuntai mencapai hampir setengah dari tinggi badannya.

Jadi mengapa beberapa kambing Damaskus terlihat sangat berbeda? Ini kemungkinan hasil dari bertahun-tahun pembiakan selektif untuk sifat-sifat yang memberi mereka ketenaran. Meskipun asli Suriah, kambing-kambing ini diperkenalkan ke Siprus sekitar 80 tahun lalu sebagai ras ternak dan mengalami pembiakan selektif selama beberapa dekade untuk menciptakan hewan yang dapat menghasilkan banyak susu dan menjadi daging yang populer.

Pada saat itu, sepertinya orang-orang juga menyukai fitur kambing Damaskus yang lebih tidak biasa dan memasukkannya ke dalam kontes kecantikan. Peternak kemungkinan mengawinkan kambing yang memiliki fitur paling menonjol dan, setelah beberapa generasi, menghasilkan jenis hewan yang hampir pasti akan menjadi terkenal di dunia maya. Entah karena orang menyukai bentuknya yang unik atau berpikir itu sangat terkutuk. Mengenai apakah kambing Damaskus layak mendapatkan mahkota kontes kecantikan, semua tergantung subjektifitas seseorang.

Topik Menarik