Rencana Jahat Firaun terhadap Nabi Musa Tertinggal di Danau Nasser?

Rencana Jahat Firaun terhadap Nabi Musa Tertinggal di Danau Nasser?

Teknologi | sindonews | Minggu, 28 Juli 2024 - 11:43
share

Penemuan prasasti kuno di Danau Nasser merupakan penemuan yang sangat signifikan bagi dunia arkeologi. Penemuan ini diklaim menceritakan rencana besar Firaun dalam peradaban Mesir Kuno, khususnya aktivitasnya di sekitar Sungai Nil.

Seperti dilansir dari IFL Science, misi arkeologi gabungan Mesir-Prancis telah mengungkap prasasti batu dan artefak lainnya saat melakukan survei fotografi di Danau Nasser, Mesir.

Penemuan tersebut ditemukan pada formasi batuan yang terendam di sekitar pulau Philae dan Konosso, yang keduanya terletak di dekat Air Terjun Pertama Sungai Nil.

Selama survei baru-baru ini, para arkeolog dari Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir bekerja sama dengan Universitas Paul Valry Montpellier menemukan ukiran batu, bersama dengan lukisan dan miniatur yang menggambarkan Amenhotep III (yang memerintah sekitar tahun 1390-1353 SM), Thutmose IV (memerintah sekitar tahun 1401-1391 SM), Psamtik III (memerintah sekitar tahun 526-525 SM), dan Apries (memerintah sekitar tahun 589-570 SM).

Saat ini, Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir belum menjelaskan secara rinci apa yang tertulis pada prasasti tersebut atau bagaimana ukiran tersebut muncul. Mereka telah merilis pernyataan yang menyatakan bahwa informasi lebih lanjut akan dirilis segera terkait aktivitas Firaun.

Menurut Kementerian, para peneliti telah menggunakan "teknik modern", survei arkeologi, memprediksi. Tim tersebut juga meyakini bahwa lebih banyak prasasti dan informasi sejarah lainnya yang terkait dengan masa pemerintahan Firaun yang tergambar di situs tersebut kemungkinan akan muncul seiring dengan kemajuan pekerjaan mereka.

Sebelum Bendungan Aswan dibangun, Air Terjun tersebut merupakan rintangan yang signifikan bagi kapal-kapal yang berlayar di Sungai Nil.

Ketika Bendungan Tinggi Aswan dibangun pada tahun 1960-an, daerah di sekitar pulau Philae dan Konosso menjadi banjir, sehingga airnya berada di bawah apa yang sekarang disebut Danau Nasser.

Danau tersebut sekarang meliputi area seluas 5.250 kilometer persegi (2.093 mil persegi), yang pada saat pembangunannya, mengancam wilayah yang terkenal akan warisan budayanya yang kaya.

Secara khusus, daerah tersebut berisi sejumlah kuil penting, termasuk Abu Simbel yang terkenal, serta kompleks kuil Philae.

Ilmuwan masih meneliti apa isi dari prasasti tersebut? Apakah berisi catatan sejarah, ritual keagamaan, atau mungkin petunjuk tentang proyek konstruksi besar di masa lalu?

Pembangunan Bendungan Aswan telah menyelamatkan banyak monumen penting, namun juga menenggelamkan banyak situs arkeologi lainnya.

Penemuan ini juga membuka peluang untuk penelitian interdisipliner. Ahli sejarah, linguistik, dan ilmu material dapat bekerja sama untuk mengungkap misteri di balik prasasti kuno ini.

Secara keseluruhan, penemuan ini merupakan sebuah pencapaian besar bagi dunia arkeologi dan memberikan kita gambaran yang lebih jelas tentang kekayaan sejarah Mesir Kuno.

Topik Menarik