Daftar Tank Paling Canggih dan Mematikan Rusia, Apa Saja?

Daftar Tank Paling Canggih dan Mematikan Rusia, Apa Saja?

Teknologi | sindonews | Jum'at, 13 September 2024 - 15:15
share

Rusia dikenal memiliki tank-tank canggih dan mematikan. Reputasi ini sudah terbangun sejak era Uni Soviet dan bertahan hingga saat ini. Di medan perang melawan Ukraina, peran tank-tank Rusia tak bisa disepelekan.

Selain dibekali peralatan canggih dan pertahanan lapis baja mumpuni, reputasi mematikan tank-tank tempur Rusia juga tak lepas dari peran para prajurit yang mengoperasionalkannya. Kemampuan mereka di medan tempur sudah teruji dari masa ke masa.

Dilansir dari Sputnik, Jumat (12/9/2024), berikut deratan tank-tank paling canggih dan mematikan Rusia :

1. T-90M Proryv

T-90M Proryv dibanggakan sebagai tank terbaik di dunia oleh Presiden Vladimir Putin. Armornya yang kokoh dan meriamnya yang kuat dilengkapi dengan fitur-fitur mumpuni yang melindungi tank dari drone musuh dan membuatnya lebih sulit dideteksi. Tank-tank ini, baru-baru ini telah dikirim ke pasukan Rusia di zona konflik Ukraina.

Baca Juga: Perbandingan Tank Rusia dan Ukraina, Mesin Perang Siapa yang Terkuat?

2. T-80BV

Tank T-80BV yang saat ini digunakan oleh Rusia jauh berbeda dari versi aslinya yang diadopsi pada tahun 1980-an. Dilengkapi dengan sistem penargetan dan autoloader yang ditingkatkan, serta armor reaktif canggih, tank ini dapat memberikan tantangan bagi setiap musuh. Misalnya, pada Juni 2023, sebuah T-80BV Rusia menghadapi beberapa tank Ukraina sekaligus dan menang.

Baca Juga: Chip Buatan AS Ditemukan di Tank Rusia, FBI Gelar Investigasi

3. T-14 Armata

T-14 Armata adalah tank generasi terbaru Rusia yang dirancang khusus untuk perang berpusat jaringan. Tank futuristik ini kebal terhadap rudal anti-tank musuh. Senjata tank dapat dikendalikan dari jarak jauh sehingga kru tetap aman di kompartemen yang terlindungi di dalam lambung tank.

Topik Menarik