4 Kesalahan yang Perlu Dihindari Pemilik Laptop Gaming

4 Kesalahan yang Perlu Dihindari Pemilik Laptop Gaming

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 21 Maret 2023 - 11:11
share

JAKARTA, iNews.id - Laptop gaming mempunyai daya pikat sendiri. Meski mahal, perangkat biasanya menawarkan performa andal. Tapi, kesalahan yang harus dihindari laptop gaming ini perlu diketahui.

Karena dirancang untuk bermain game, tentu saja performa yang ditawarkan juga lebih baik . Tapi, agar kinerja laptop lebih maksimal, Anda perlu memerhatikan beberapa hal ini.

Seperti dilansir dari Techradar setidaknya ada kesalahan yang mestinya dihindari pengguna laptop gaming. Dengan begitu, laptop dapat mencapai potensi penuhnya.

Kesalahan yang Perlu Dihindari Pemilik Laptop Gaming

1. Merasa puas dengan pengaturan default

Laptop gaming hadir dengan membawa spesifikasi dan fitur unggulan. Pastikan untuk eksplorasi kekuatan perangkat semakimal mungkin. Jangan pernah merasa puas dengan pengaturan default karena laptop gaming dirancang untuk melampaui itu.

Selain itu, buka pengaturan tampilan dan tingkatkan refresh rate ke paling tinggi untuk memberikan pengalaman bermain game yang mulus dan periksa apakah driver grafis telah diperbarui dengan benar.

2. Mengaktifkan Fitur Keamanan Windows

Sejak Windows 11 pertama kali diluncurkan ada keluhan soal VBS (Keamanan Berbasis Virtualisasi) yang mengganggu kualitas gameplay. Nonaktifkan fitur keamanan tersebut yang bisa memperlambat kinerja laptop.

Untuk menonaktifkan VBS, cari Isolasi Inti dan klik, matikan opsi Integritas Memori, dan mulai ulang laptop. Untuk memastikannya tidak aktif, buka Informasi Sistem, dan periksa apakah \'keamanan berbasis virtualisasi\' disetel ke off.

3. Melepas laptop dari daya AC

Laptop gaming dirancang untuk bermain game dengan akses ke daya tak terbatas, bahkan jika memaksimalkan pengaturan dan mengaktifkan mode Performa.

Dengan melepasnya dari daya AC, daya baterai laptop tidak hanya akan menguras baterai saja tetapi juga akan berdampak negatif pada kinerja karena laptop yang terlalu sibuk mencoba untuk tetap hidup utuk memastikan frame rate selalu di atas 100.

4. Jangan Halangi lubang ventilasi

Menghalangi lubang ventilasi laptop dapat membuat kinerja keseluruhan laptop menurun. Karena laptop tak mempunyai cara yang dapat diandalkan demi menghilangkan semua panas ekstra yang terakumulasi dalam komponennya.

Anda perlu memeriksa posisi lubang ventilasi laptop guna memastikannya tak terhalang. Untuk memastikan ventilasi selalu terbuka, jangan pernah meletakkan laptop di kasur, selimut, atau bahan kain lain.

Topik Menarik