Sahat Sinurat: Demi Pembangunan Bangsa, GAMKI dan PGPI Mempersiapkan Kader Gereja yang Berkualitas

Sahat Sinurat: Demi Pembangunan Bangsa, GAMKI dan PGPI Mempersiapkan Kader Gereja yang Berkualitas

Terkini | tangsel.inews.id | Selasa, 15 Oktober 2024 - 08:10
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kunjungan tersebut diterima oleh Ketua Umum PGPI, Pdt. Jason Balompapueng, yang didampingi oleh Ketua Departemen Pemuda PGPI, Johanes Sirait, Sekretaris Pandapotan Siahaan, dan Petrus Sihombing pada Jumat (11/10/2024).

Dalam pertemuan ini, Ketua Umum GAMKI, Sahat Martin Philip Sinurat, menekankan pentingnya kerjasama antar lembaga Kristen, khususnya dalam mempersiapkan kader-kader gereja yang berkualitas.

"Kita harapkan kerja sama antara GAMKI dan PGPI, terutama melalui Departemen Pemuda, dapat membawa manfaat bagi kedua lembaga, khususnya bagi umat Kristen dan gereja di Indonesia," ujar Sahat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/10/2024).

PGPI, yang merupakan salah satu organisasi Kristen di Indonesia, memiliki anggota jemaat sekitar 9 juta orang.

"Sebagai umat Kristen Indonesia, kita harus memikirkan langkah strategis untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa. Kolaborasi yang efektif dan konstruktif perlu dimulai," tambah Sahat.

Sahat juga menyebut beberapa isu yang harus menjadi perhatian, seperti kebebasan beragama di Indonesia, masalah Papua, dan pemerataan pembangunan di daerah-daerah tertinggal.

 

"Kita berharap pemerintahan mendatang di bawah kepemimpinan Bapak Prabowo-Gibran dapat memprioritaskan masalah-masalah ini," lanjut Sahat.

Menanggapi harapan GAMKI, Ketua Umum PGPI, Pdt. Jason Balompapueng, menyampaikan bahwa PGPI sangat terbuka terhadap kerjasama sosial yang bertujuan membawa kebaikan bagi gereja dan bangsa.

"Sebagai umat Pentakosta, kami senang bisa menjadi mitra kerja lintas organisasi, termasuk dengan para pemuda di GAMKI," kata Pdt. Jason. 

Pdt. Jason juga menjelaskan bahwa PGPI memiliki Departemen Pemuda dan Pasukan Serbaguna (PASSER), yang berfungsi sebagai sarana pengkaderan pemuda.

"Gereja Pentakosta, dengan semangat beribadahnya yang tinggi, mengalami pertumbuhan signifikan. Kolaborasi di daerah sangat penting untuk mempersiapkan kader-kader muda gereja secara bersama-sama," tambah Pdt. Jason.

 

Pertemuan ini diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Pdt. Jason dan berkat bagi GAMKI. Komitmen tindak lanjut dan sesi foto bersama pun menjadi penutup dari pertemuan tersebut.

Topik Menarik