SMA Wijaya Putra Surabaya Siapkan Generasi Jurnalis Berkualitas, Ada Narasumber Keren dari Telkomsel

SMA Wijaya Putra Surabaya Siapkan Generasi Jurnalis Berkualitas, Ada Narasumber Keren dari Telkomsel

Berita Utama | surabaya.inews.id | Rabu, 9 Oktober 2024 - 14:35
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - SMA Wijaya Putra Surabaya semakin serius dalam mengasah keterampilan siswa-siswinya di bidang penulisan, fotografi, dan penguasaan media sosial. Tak tanggung-tanggung, sekolah ini mengundang para profesional untuk memberikan pelatihan intensif dalam acara Diklat dan Pengukuhan Anggota Sinar Buletin Jurnalistik yang digelar pada Jumat dan Sabtu, 4-5 Oktober 2024.

Para narasumber yang hadir merupakan nama-nama besar di dunia jurnalistik dan komunikasi. Di antaranya, Arif Ardliyanto, Pemimpin Redaksi Surabaya.iNews.id, Ali Masduki, Redaktur Pelaksana, serta Erwin Kusumawan, Manager Corporate Communications Telkomsel Area Jawa-Bali. Mereka masing-masing membagikan ilmu dan pengalaman sesuai keahlian mereka dalam acara yang bertema “Journalist Live with the Pers.”

Tema tersebut dipilih dengan makna mendalam: jurnalis hidup berdampingan dengan dunia pers. Kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan generasi jurnalis muda yang tidak hanya terampil, tetapi juga berkualitas. Sebanyak 26 siswa kelas X dan XI mengikuti pelatihan ini dengan penuh antusias.

“Kami berharap generasi penerus Sinar Buletin Jurnalistik bisa membawa amanah dan mampu mengembangkan media ini menjadi lebih menarik dan dikenal banyak orang. Antusiasme peserta kali ini luar biasa, yang tentu saja menambah semarak diklat tahun ini,” ujar Lala, Ketua Jurnalistik SMA Wijaya Putra Surabaya.


Erwin Kusumawan, Manager Corporate Communications Telkomsel Area Jawa-Bali memberikan materi di SMA Wijaya Putra. Foto iNewsSurabaya/ali masduki

Pada hari pertama, 4 Oktober, para peserta mendapatkan materi seputar teknik fotografi dan videografi dari Ali Masduki, penulisan berita dari Arif Ardliyanto, serta etika penggunaan media sosial yang disampaikan oleh Erwin Kusumawan. Semua kegiatan berlangsung di aula sekolah mulai pukul 07.30 WIB hingga 15.00 WIB.

 

Hari kedua, 5 Oktober, para peserta diajak untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di lapangan. Mereka melakukan praktek langsung di Kebun Binatang Surabaya dengan tugas wawancara, penulisan, fotografi, dan videografi. Momen ini memberi pengalaman berharga bagi peserta untuk merasakan tantangan sebagai seorang jurnalis.

Salah satu peserta diklat, Filsa, menyatakan rasa senangnya. “Saya sangat menikmati diklat ini. Banyak ilmu baru yang saya dapat, mulai dari teknik menulis berita, fotografi, hingga videografi. Pelatihan ini juga membuat saya lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain dan tampil di depan kamera,” ujarnya penuh semangat.


Pimpinan Redaksi Surabaya.iNews.id Arif Ardliyanto memberikan materi jurnalistik di SMA Wijaya Putra Surabaya. Foto iNewsSurabaya/Rahmadhani

Diklat ini sekaligus menjadi penanda resmi bahwa para siswa yang telah menuntaskan tugas akhir kini diakui sebagai anggota Sinar Buletin Jurnalistik SMA Wijaya Putra. Mereka siap berkontribusi dan memajukan media sekolah dengan kreativitas dan keterampilan yang telah diasah.

Di sisi lain, Erwin Kusumawan, Manager Corporate Communications Telkomsel Area Jawa-Bali mengatakan, dirinya sangat senang bisa berbagi dengan siswa-siswa SMA terkait perkembangan digital dan medsos. 

"Saya ingin menularkan pada temen-temen siswa, Hati-hati menggunakan media sosial. Sekarang media sosial menjadi salah satu acuan dalam melamar pekerjaan," ujarnya. 

Penulis : 
Talitha Raysha 
Jurnalis SMA Wijaya Putra Surabaya

Topik Menarik