Kisah Eliano Reijnders, Pemain Naturalisasi Indonesia Berdarah Maluku yang Masih Ada Hubungannya dengan Tentara KNIL

Kisah Eliano Reijnders, Pemain Naturalisasi Indonesia Berdarah Maluku yang Masih Ada Hubungannya dengan Tentara KNIL

Berita Utama | okezone | Senin, 9 September 2024 - 14:50
share

KISAH Eliano Reijnders , pemain naturalisasi Indonesia berdarah Maluku yang masih ada hubungannya dengan Tentara KNIL, menarik untuk diulas. Hal itu tentu menyita perhatian.

Di tengah gejolak perjuangan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, PSSI membuat kejutan dengan mengumumkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sebagai dua amunisi tambahan untuk Skuad Garuda.

Sorotan berbeda didapat Eliano. Sebab, dengan dirinya memilih membela Indonesia, maka akan memiliki jalan karier internasional yang berbeda dengan kakak kandungnya, yakni Tijjani Reijnders yang membela Timnas Belanda.

Ya, Eliano dan Tijjani merupakan dua kakak beradik yang memiliki darah Indonesia dari sang ibu, Angelina Lekatompessy, yang berasal dari Maluku.

Sang ibu merupakan putri dari Etus Lekatompessy dan Mimi Lekatompessy, pasangan yang bermigrasi dari Maluku ke Belanda pasca kemerdekaan. Ternyata, ada sejarah tersendiri dengan nama famili tersebut.

Keluarga Lekatompessy ada kaitannya dengan tentara di masa pendudukan Hindia-Belanda, Koninklijke Nederlands(ch)-Indische Leger alias KNIL. Marga tersebut ada di Belanda karena ikut dalam migrasi bersama 6000 tentara KNIL dari Maluku ke Belanda.

Topik Menarik