Munas APJII ke-12 di Surabaya, Muhammad Arif Kembali Terpilih Sebagai Ketua Umum

Munas APJII ke-12 di Surabaya, Muhammad Arif Kembali Terpilih Sebagai Ketua Umum

Terkini | surabaya.inews.id | Rabu, 25 September 2024 - 08:30
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Surabaya kembali menjadi saksi sejarah penting bagi industri internet nasional saat Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Ke-12 pada 23-24 September 2024. Acara ini bukan sekadar pergantian kepengurusan, tetapi juga momen refleksi, evaluasi, dan perencanaan strategis dalam menghadapi perubahan pesat di dunia internet.

Dalam Munas tersebut, Muhammad Arif kembali dipercaya untuk memimpin APJII sebagai Ketua Umum periode 2024-2028. Dalam sambutannya, Arif mengungkapkan rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan dan menegaskan komitmennya untuk melanjutkan inovasi dan pengembangan industri internet di Indonesia.

"Alhamdulillah, Munas telah selesai dan saya kembali terpilih sebagai ketua umum. Kami memiliki rencana besar, termasuk pengembangan 15 wilayah baru yang akan segera melaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil) di berbagai kota," ujar Arif pada Selasa (24/9/2024) di sela-sela Munas.

Di periode kepemimpinannya kali ini, Arif tidak hanya akan memperluas wilayah, tetapi juga meningkatkan infrastruktur dan layanan bagi anggota APJII. 

"Kami telah mencatat berbagai pencapaian besar, seperti peningkatan kapasitas jaringan Indonesia Internet Exchange (IIX) yang kini mendukung trafik lebih dari 13 Tbps. Selain itu, pelatihan untuk memperkuat kompetensi sumber daya manusia di sektor teknologi juga menjadi prioritas kami," jelasnya.

 

Arif juga menekankan pentingnya kesiapan APJII dalam menghadapi tantangan global. "Program kerja yang kita susun harus relevan dengan kondisi saat ini dan juga responsif terhadap dinamika industri serta perubahan global yang cepat," tambahnya.

Ia pun mengajak seluruh anggota APJII untuk memberikan dukungan penuh demi keberlanjutan kepemimpinan yang stabil, transparan, dan inovatif. "Stabilitas, keterbukaan, dan inovasi adalah kunci dalam menghadapi tantangan masa depan," pungkas Arif.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Munas, Ayom Rahwana, menambahkan bahwa acara ini tidak hanya menjadi forum pengambilan keputusan strategis, tetapi juga ajang mempererat hubungan antar-anggota. Dengan latar belakang keindahan Jawa Timur, Munas juga menjadi kesempatan untuk menikmati wisata lokal.

"Jangan lupa sempatkan diri untuk menjelajahi Bromo atau mencicipi kuliner legendaris Surabaya. Berbagi ide bisa lebih asyik sambil menikmati suasana lokal," canda Ayom.

Munas APJII kali ini diikuti oleh 1.054 peserta yang terdaftar, dengan 1.027 peserta yang berhasil terverifikasi. Agenda Munas mencakup tiga hal penting: laporan pertanggungjawaban Ketua Umum APJII periode 2021-2024 dan laporan Dewan Pengawas, pengesahan Garis Besar Program Kerja, serta pemilihan Ketua Umum dan anggota Dewan Pengawas periode 2024-2028.

Dalam pemilihan Ketua Umum, dua kandidat bersaing ketat, yaitu Teddy S. Mosleh dan Muhammad Arif. Pada akhirnya, Muhammad Arif kembali memenangkan hati para peserta Munas, siap membawa APJII menuju masa depan yang lebih cemerlang.

Topik Menarik