Umbu Aldy Rihi dan Umbu Kahumbu Nggiku Hanya 31 Hari Jabat Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRD

Umbu Aldy Rihi dan Umbu Kahumbu Nggiku Hanya 31 Hari Jabat Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRD

Terkini | sumba.inews.id | Kamis, 10 Oktober 2024 - 19:20
share

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Pelantikan 30 anggota DPRD Sumba Timur terpilih Senin (9/9/2024) lalu, sejalan dengan penetapan Umbu Aldy Rihi dan Umbu Kahumbu Nggiku sebagai Ketua dan Wakil Ketua Sementara Lembaga yang bermascotkan burung kaka tua dan nuri bayan Sumba itu. Kamis (10/10/2024) siang tadi, dalam rapat paripurna jabatan keduanya berakhir.

Praktis Umbu Aldy Rihi dan Umbu Kahumbu Nggiku hanya menjabat Ketua dan Wakil Ketua sementara DPRD Sumba Timur hanya kurang dari 31 hari. Namun demikian keduanya mendapatkan amanah sebagai Ketua dan Wakil Ketua 1 DPRD Sumba Timur.

Keduanya akan duduk di meja pimpinan bersama Ali Oemar Fadaq selaku Wakil Ketua 2, yang pada periode lalu menjabat sebagai Ketua DPRD itu.  

Penetapan ketiga pimpinan DPRD defenitif itu berlangsung dalam Rapat Paripurna DPRD Sumba Timur dalam rangka Pengusulan Penetapan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di ruang sidang utama. Rapat juga dihadiri oleh Pjs Bupati Sumba Timur, Ruth Diana Laiskodat didampingi Sekda Umbu Ngadu Ndamu dan para asisten serta pimpinan perangkat daerah setempat.

 

Oktavianus Tamu Ama, Sekretaris DPRD Sumba Timur yang dkonfirmasi iNews.id, Kamis (10/10/2024) malam via ponselnya menyatakan penetapan pimpinan DPRD defenitif itu telah sesuai ketentuan yang berlaku.

“Di ketentuan atau aturan itu dinyatakan penetapan pimpinan DPRD defenitif paling lama 1 bulan 20 hari. Jadi penetapan ini telah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” tandas Oktavianus.

Selanjutnya kata Oktavianus hasil siding penetapan itu akan dibawa ke Kupang bersama Tim dari Bagian Pemerintahan Setda Sumba Timur dalam waktu dekat.


Sejumlah anggota DPRD Sumba Timur di kursi dan mejanya masing-masing - Foto : Prokopim Sumba Timur

 

“Paling lama minggu depan harus dibawa ke Kupang atau sebelum orientasi para anggota terpilih.  Dibawa ke Kupang untuk mendapatkan SK dari Gubernur NTT,” timpal Oktavianus sembari menambahkan dijadwalkan pada tanggal 27 Oktober mendatang para anggota DPRD Sumba Timur terpilih akan berangkat ke Yogyakarta untuk orientasi.

Untuk diketahui Umbu Aldy Rihi merupakan politisi muda dari Partai Amanat Nasional, sedangkan Umbu Kahumbu Nggiku dan Ali Oemar Fadaq yang akan mendampinginya merupakan politisi senior dari Partai PDI Perjuangan dan Partai Golkar.

 

Topik Menarik