Gempa Pagi Ini Guncang Sukabumi! Saking Kuatnya Guncangan, Kopi di Meja sampai Tumpah

Gempa Pagi Ini Guncang Sukabumi! Saking Kuatnya Guncangan, Kopi di Meja sampai Tumpah

Terkini | sukabumi.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 10:20
share

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Masyarakat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dikejutkan oleh gempa bumi yang terjadi pada Rabu (2/10/2024) pukul 08.09 WIB.

Berdasarkan analisis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini memiliki kekuatan M4,5 dan berlokasi di darat.

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh warga dengan durasi yang lama, membuat mereka yang sedang bersiap untuk beraktivitas di pagi hari panik.

Salah satu yang merasakan adalah Dian Herdiansyah (29), warga Perumahan Pesona Idaman di Jalan Gandasoli-Cireunghas, Desa Bojongsawah, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi. Dia mengaku merasakan guncangan yang kuat dan berlangsung lama.

 

"Saya sedang ngopi di teras rumah sebelum berangkat kerja. Ketika gempa terjadi, kopi dalam gelas sampai tumpah ke meja karena guncangannya yang cukup lama," kata Dian kepada iNews.

Sementara itu, di Kota Sukabumi, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Novian Rahmat, menyatakan bahwa ia tidak merasakan adanya getaran gempa.

"Hingga saat ini, belum ada laporan tentang dampak. Saya berada di kantor dan tidak merasakan getaran," ujar Novian.

BMKG mencatat bahwa titik episenter gempa berada pada koordinat 7.35 LS dan 106.49 BT, tepatnya di darat pada jarak 40 km barat daya Kabupaten Sukabumi, dengan kedalaman 36 km.

"Dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini tergolong sebagai gempa dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif," jelas Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, dalam pernyataannya.

Topik Menarik