Bawaslu Subang Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Netralitas Kepala Desa

Bawaslu Subang Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Netralitas Kepala Desa

Terkini | subang.inews.id | Rabu, 25 September 2024 - 21:10
share

SUBANG, iNews.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Subang mengadakan sosialisasi tentang pengawasan partisipatif dan netralitas Kepala Desa untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Ballroom Laska Hotel Subang, Selasa (24/9/2024). Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa, Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pegawai BUMD, dan berbagai stakeholder terkait.

Cucu Kodir Jaleani, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kabupaten Subang, menjelaskan, bahwa sosialisasi ini dilakukan untuk meminimalisir pelanggaran kampanye.

“Kegiatan ini merupakan langkah preventif untuk meminimalisir pelanggaran menjelang tahapan kampanye yang akan dimulai pada 25 September 2024 setelah pasangan calon ditetapkan,” ujarnya.

Cucu juga menekankan pentingnya pemahaman terhadap larangan dalam kampanye, dengan mengacu pada Pasal 71 Ayat 1 Undang-undang No. 10 Tahun 2016.

“Pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur sipil negara, anggota TNI/POLRI, dan Kepala Desa dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon,” katanya.

 

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Subang telah mengirimkan surat imbauan mengenai netralitas kepada Kepala Desa melalui Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan.

“Kami mengharapkan komitmen dari para Kepala Desa dan pejabat BUMD untuk menjaga netralitas selama proses pemilihan,” tegasnya.

Dalam acara ini, Bawaslu juga menyerahkan surat imbauan netralitas kepada Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dan Pejabat BUMD, sebagai simbol komitmen bersama untuk menciptakan pemilihan yang adil dan jujur.

“Dengan sosialisasi ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif dari masyarakat serta semua pihak terkait dalam menjaga integritas Pemilihan Kepala Daerah,” tutup Cucu.

Topik Menarik