Kombes Bayu Suseno: Sosok di Balik Pembebasan Pilot yang Ditawan di Papua

Kombes Bayu Suseno: Sosok di Balik Pembebasan Pilot yang Ditawan di Papua

Terkini | sorongraya.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 18:50
share

 

TIMIKA, iNewsSorong.id - Kombes Pol Bayu Suseno adalah sosok penting dalam pembebasan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. 

Pilot tersebut disandera sejak 7 Februari 2023 di Distrik Paro Nduga. Dia berhasil dibebaskan oleh tim gabungan TNI-Polri di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, pada 21 September 2024.

Kombes Bayu, selaku Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, memastikan proses pembebasan berlangsung aman. 

Hal ini dilakukan saat KKB menyatakan rencana pembebasan pilot melalui proposal tanggal 17 September 2025 yang disampaikan juru bicara mereka Sebby Sambom, dan pemimpin KKB Nduga, Egianus Kogoya.

Sosok Kombes Bayu Suseno 


Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2024 Kombes Bayu Suseno dalam penugasan. (FOTO: IST)

 

 

Kombes Bayu memiliki rekam jejak prestasi di kepolisian, pernah menjabat sebagai Kapolres Bengkayang dan Danyon B Satbrimob Polda Kalimantan Barat. Ia dikenal karena pendekatannya dalam menangani konflik di Papua. Kombes Bayu adalah lulusan SMA Taruna Nusantara dan Akademi Kepolisian (1998), serta memiliki pendidikan tinggi di Universitas Satria Makassar dan Universitas Semarang, dengan gelar S2 dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. 

 

Pendekatan dan perannya dalam Operasi Damai Cartenz menegaskan posisinya sebagai tokoh penting dalam menjaga keamanan di Papua.

 

 

 

 

Topik Menarik