KA Progo Pakai Rangkaian SS New Generation Mulai 15 Oktober 2024

KA Progo Pakai Rangkaian SS New Generation Mulai 15 Oktober 2024

Berita Utama | sleman.inews.id | Minggu, 13 Oktober 2024 - 03:00
share

YOGYAKARTA, iNewsSleman.id – Kabar gembira untuk penumpang setia Kereta Api (KA) Progo relasi Stasiun Lempuyangan-Pasarsenen pulang pergi (PP). KA akan mendapatkan upgrade sarana mulai 15 Oktober 2024.

KA Progo akan menggunakan rangkaian kereta ekonomi stainless steel (SS) new generation yang merupakan jenis sarana terbaru Kereta Api Indonesia (KAI).

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan, upgrade kereta kelas ekonomi tersebut menggantikan kereta ekonomi jenis premium menjadi kereta ekonomi new generation dengan kapasitas 72 tempat duduk. KA Logawa ini merupakan kereta ekonomi SS new generation pengadaan baru dari INKA.

Kursi pada kereta ekonomi new generation sudah berjenis captain seat yang akan meningkatkan kenyamanan bagi penumpang ketika melakukan perjalanan dengan waktu tempuh yang panjang.

Peningkatan kenyamanan ini karena kereta ekonomi new generation memiliki fasilitas desain kursi yang ergonomis, dilengkapi fitur pengatur kemiringan (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

 

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi adalah wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience. Sehingga tetap relevan dan adaptif dengan perkembangan zaman dan profil pelanggan,” kata Krisbiyantoro, Minggu (13/10/2024). 

Interior kereta ekonomi new generation dimodifikasi menyerupai kereta eksekutif, seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah dengan sentuhan aksen kayu pada bagian jendela yang memberikan kesan klasik dan elegan. Modifikasi juga pada toilet dengan penggunaan toilet duduk dilengkapi wastafel dan hand dryer. Selain itu tersedia tempat ibadah di kereta restorasi. 

Sebelumnya, Daop 6 Yogyakarta juga telah menerapkan rangkaian ekonomi SS new generation untuk memanjakan pelanggan setia KA Jaka Tingkir relasi Purwosari–Pasar Senen PP, KA Banyubiru relasi Solo Balapan-Semarang Tawang PP, dan KA Lodaya relasi Solo Balapan-Bandung PP.


Kereta Api Progo relasi Stasiun Lempuyangan-Pasarsenen PP akan menggunakan rangkaian kereta ekonomi SS new generation. Foto: Ist.
 
Pada tahun 2024, KAI melakukan kerja sama pengadaan kereta baru bersama INKA sebanyak 91 gerbong kereta ekonomi new generation. Di tahun ini juga, KAI menargetkan untuk mengubah sebanyak 60 gerbong kereta ekonomi kursi tegak berhadapan menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi di Balai Yasa Manggarai. 

"KAI akan terus meningkatkan kenyamanan kereta api sebagai upaya mewujudkan moda transportasi yang berkelanjutan. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” ucap Krisbiyantoro.  

Topik Menarik