Pameran dan Edukasi Batik Semarakkan Suasana Stasiun Solo Balapan

Pameran dan Edukasi Batik Semarakkan Suasana Stasiun Solo Balapan

Terkini | sleman.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 12:20
share

SOLO, iNewsSleman.id – Suasana Stasiun Solo Balapan di Kota Solo semarak saat momen Hari Batik Nasional, Rabu (2/10/2024). Para pelanggan kereta api (KA) di stasiun tersebut mendapat suguhan pameran dan edukasi batik.

Berbagai macam motif Batik khas Solo ditunjukkan dalam pameran. Selain itu, pelanggan kereta api juga dikenalkan proses pembuatan batik langsung dari perajin. Suasana semakin menyenangkan karena juga ada acara bagi-bagi souvenir menarik.

Acara pameran dan edukasi batik merupakan hasil kolaborasi antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta dengan Rotary Club Solo Kartini. Kegiatan digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober.

"Selain memperingati Hari Batik Nasional, kegiatan pameran dan edukasi juga sebagai wujud kebanggaan terhadap salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang telah diakui UNESCO," kata EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo.

Kegiatan di Stasiun Solo Balapan, lanjutnya, semakin menegaskan bahwa Solo merupakan kota yang sangat identik dengan batik. Sehingga diharapkan turut menjadi pemicu peningkatan kunjungan ke Kota Solo.

Dengan kegiatan pameran dan edukasi batik, diharapkan menjadi hiburan tersendiri bagi pelanggan,  baik yang sedang naik atau turun dari kereta api.

"Kami menginginkan stasiun tidak hanya sebagai tempat naik turun penumpang KA, melainkan juga dapat menjadi media edukasi dalam hal apapun, salah satunya seni batik," ucapnya.

Kegiatan pameran dan edukasi batik, ditempatkan di Non-commercial public space Stasiun Solo Balapan. Non-commercial public space adalah area di stasiun yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan yang bersifat non komersial, bernilai positif, dan bermanfaat bagi sesama.

"Kami membuka kesempatan bagi siapapun untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bersifat non-komersial di beberapa stasiun Daop 6 seperti Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, dan lainnya," ujar Bambang.

Topik Menarik