5.000 Peserta Meriahkan SHA Run for Solo 2024, Sejumlah Pelari Luar Negeri Ikut Ambil Bagian

5.000 Peserta Meriahkan SHA Run for Solo 2024, Sejumlah Pelari Luar Negeri Ikut Ambil Bagian

Olahraga | sleman.inews.id | Minggu, 22 September 2024 - 23:00
share

SOLO, iNewsSleman.id – Sebanyak 5.000 pelari ikut ambil bagian dalam SHA Run for Solo 2024, Minggu (22/9/2024). Sejumlah pelari luar negeri ikut ambil bagian untuk kategori half marathon.

SHA Run for Solo 2024 memberikan pengalaman menarik bagi para peserta. Sebab event mengawinkan sport tourism dengan wisata heritage yang ada di Kota Kota Solo. Rute yang dilewati merupakan landmark di Kota Bengawan, seperti Pura Mangkunegaran, Sriwedari, Lodji Gandrung, dan Pasar Gede.

Para pelari luar negeri yang ikut serta antara lain dari Prancis, Kenya, Spanyol, China untuk kategori half marathon. Para pegiat lari juga banyak yang ikut ambil bagian.

SHA Run For 2024 merupakan event kedua yang digelar PT SHA Solo bersama sejumlah pihak dan mendapat dukungan penuh Pemkot Solo. Kesuksesan SHA Run 2023 menjadi pertimbangan untuk kembali digelar pada tahun 2024. 

“Kategori yang disiapkan mulai dari 5 kilometer, 10 kilometer, dan 21 kilometer (half maraton). Tingkat kepesertaan semakin banyak karena diikuti kalangan masyarakat dari berbagai daerah, serta manca-negara,” kata Project Director SHA Run For Solo, Julvyano Nanda.

Wali Kota Solo Teguh Prakosa mendukung penuh event lari yang sudah diselenggarakan. Dirinya berharap event bisa menonjolkan nama besar Kota Solo pada penyelenggaraan di tahun-tahun mendatang.

"Saya harap ini bisa jadi event unggulan di Solo, khususnya untuk mempolerkan nama kota Solo di mata dunia. Mungkin di tahun ketiga nanti namanya bisa Solo Run biar Solo makin dikenal. Kami harap event bisa berkesinambungan agar dampak penyelenggaraannya semakin bisa dirasakan masyarakat," kata Teguh.

Direktur Utama PT SHA Solo, Arya Hidayat Adisena mengapresiasi upaya Pemkot Solo mendukung pelaksanaan SHA Run, baik di tahun 2023 maupun 2024. Pihaknya berharap kegiatan turut mendongkrak sport tourism yang ada di Solo.

"Kami mengadakan event lari seperti ini untuk menggerakkan sport tourism yang ada di Solo. Kebetulan kami dapat izin dari Pemkot untuk mengadakan, Alhamdulillah dari tahun ke tahun juga ada nilai positifnya bagi UMKM dan pariwisata di kota Solo," kata Arya Hidayat Adisena.

Topik Menarik