Tidak Meletus selama 800 Tahun, Gunung Berapi Ini Keluarkan Aktivitas Vulkanik Lagi

Tidak Meletus selama 800 Tahun, Gunung Berapi Ini Keluarkan Aktivitas Vulkanik Lagi

Teknologi | sindonews | Minggu, 27 Oktober 2024 - 21:44
share

Gunung berapi di Alaska yang tidak meletus selama 800 tahun menunjukkan tanda-tanda akan meletus. Para ilmuwan mengatakan bahwa gunung berapi yang dianggap tidak aktif itu dapat meletus kapan saja dan telah memperingatkan orang-orang untuk menjauhinya.

BACA JUGA - Penampakan Tonga Usai Letusan Gunung Berapi Bawah Laut

Gunung berapi yang tidak aktif dianggap sebagai gunung berapi yang tidak akan pernah meletus. Namun para ahli mengatakan itu tidak benar. Ini hanyalah gunung berapi yang sudah lama tidak meletus tetapi bisa meletus.

Peringatan terbaru ditujukan untuk Gunung Edgecumbe di selatan Pulau Kruzof di Alaska. Dengan ketinggian 3.201 kaki, wisatawan berbondong-bondong mendatanginya dan beberapa orang tinggal di daerah sekitar. Gunung ini telah dianggap aman selama ribuan tahun. Namun, hal itu mungkin berubah.

Berdasarkan penelitian terbaru, gunung berapi tersebut kini menunjukkan tanda-tanda magma bergerak ke dalam, yang merupakan tanda peringatan bahwa letusan mungkin terjadi sehingga orang-orang perlu waspada. Namun, hal itu tidak dapat dipastikan.

Sebagai tindakan pencegahan, Alaska Volcano Observatory telah menaikkan tingkat ancaman.

Menurut data, gunung berapi ini lebih aktif pada kurun waktu tertentu dalam sejarah. Letusan terakhir terjadi 800 tahun lalu dan satu bukti menunjukkan aktivitas gunung berapi terjadi 1.150 tahun lalu.

Para ahli mengatakan bahwa jika letusan serupa terjadi sekarang, hal itu akan "menimbulkan risiko yang signifikan bagi pusat-pusat populasi lokal." Sebuah makalah penelitian tahun 2010 menyebutkan penemuan abu di endapan di Sitka Sound.

Daerah tersebut tampaknya sudah memanas, dengan pendaki mengatakan mereka melihat gelembung gas dari tanah dekat Gunung Edgecumbe.

Tanah di sekitar gunung berapi tersebut juga menonjol ke atas, menurut pengukuran radar satelit. Serangkaian gempa bumi melanda wilayah tersebut pada tahun 2022 dan aktivitasnya kemungkinan saling terkait.

Gempa bumi di dekat Gunung Edgecumbe terus terjadi pada tahun 2024 dan dilaporkan sebagai akibat dari magma gunung berapi tersebut.

Hal ini terjadi karena ketika magma bergerak, dua jenis aktivitas dapat terjadi - magma memaksa masuk melalui retakan, atau menjadi kumpulan lelehan.

Getaran kecil dapat terjadi dalam kedua kasus tersebut. Jadi, para ilmuwan yakin bahwa hal serupa dapat terjadi.

Meskipun para ilmuwan waspada, mereka merasa letusan tidak mungkin terjadi. "Memang ada beberapa tanda-tanda kerusuhan," kata Hannah Dietterich, seorang ahli geofisika peneliti untuk Survei Geologi AS di Observatorium Gunung Berapi Alaska.

"Ada tanda-tanda bahwa ada magma yang masuk ke dalam sistem sangat dalam. Kita berbicara tentang kedalaman enam mil di bawah gunung berapi. Jadi kami ingin memastikan untuk memantaunya sebaik mungkin," tambah Dietterich.

Kota terdekat dengan gunung berapi tersebut adalah kota Sitka yang berjarak 15 mil. Seismometer ditempatkan di sekitar Gunung Edgecumbe untuk memantau gempa yang mungkin tidak dirasakan orang.

Data yang dikumpulkan menggunakan alat tersebut dapat membantu mengetahui apakah atau kapan gunung berapi tersebut akan meletus.

Topik Menarik