Belum Pernah Terjadi! Suhu Samudra Atlantik Dekat Khatulistiwa Menurun

Belum Pernah Terjadi! Suhu Samudra Atlantik Dekat Khatulistiwa Menurun

Teknologi | sindonews | Minggu, 27 Oktober 2024 - 21:13
share

Para ilmuwan dibuat bingung oleh penurunan suhu di sebagian besar Samudra Atlantik, yang berada di dekat khatulistiwa.

BACA JUGA - Suhu Panas Pengaruhi Jenis Kelamin Kura-kura

Meskipun wilayah dingin ini kini mulai menghangat, para ilmuwan masih belum mengetahui apa yang menyebabkan pendinginan dramatis tersebut.

Wilayah dingin Samudra Atlantik, yang berada di antara bentangan lautan yang membentang beberapa derajat utara dan selatan khatulistiwa, terbentuk pada awal Juni setelah tetap menjadi yang terhangat selama berbulan-bulan dalam lebih dari 40 tahun.

Berbicara kepada Live Science, rekan peneliti pascadoktoral di Universitas Miami di Florida, Franz Tuchen, mengatakan bahwa diketahui bahwa wilayah tersebut telah berayun antara fase dingin dan hangat dalam beberapa tahun terakhir, namun, laju pergerakannya dari rekor tertinggi ke rekor terendah "benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya".

"Kami masih bingung dengan apa yang sebenarnya terjadi," kata Michael McPhaden, seorang ilmuwan senior di Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) dan mengawasi daerah tropis dan mengumpulkan data waktu nyata terkait wilayah dingin, saat berbicara kepada Live Science.

"Bisa jadi itu merupakan beberapa fitur sementara yang berkembang dari proses yang belum sepenuhnya kita pahami," tambahnya.

Di Atlantik ekuator timur, suhu permukaan laut mencapai titik tertingginya pada bulan Februari dan Maret ketika mencapai lebih dari 86 derajat Fahrenheit (30 derajat Celsius) dan bulan-bulan tersebut menjadi bulan terhangat yang pernah tercatat sejak tahun 1982.

Pada bulan Juni, suhu mulai turun secara misterius dan menjadi paling dingin pada akhir Juli ketika suhu mencapai 77 F (25 C), tulis Tuchen baru-baru ini dalam sebuah posting blog.

Dalam prakiraan cuaca, peristiwa pendinginan tersebut tampaknya akan segera menjadi Atlantic Niña, yaitu pola iklim regional yang cenderung meningkatkan curah hujan di seluruh Afrika bagian barat.

Dalam pola iklim ini, curah hujan menurun di Brasil bagian timur laut dan negara-negara lain di dekat Teluk Guinea, seperti Ghana, Nigeria, dan Kamerun.

Fenomena ini belum terjadi sejak tahun 2013, dan para ilmuwan akan menyatakan adanya Nina Atlantik jika suhu dingin bertahan hingga akhir Agustus.

Dalam beberapa minggu terakhir, kantong air dingin tersebut telah menghangat sehingga "putusannya sudah cukup pasti bahwa itu tidak akan diklasifikasikan sebagai Atlantic Niña," kata Tuchen.

Topik Menarik