7 Tips Belajar ala Xaviera Putri, Peserta CoC dari KAIST

7 Tips Belajar ala Xaviera Putri, Peserta CoC dari KAIST

Terkini | sindonews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:30
share

Xaviera Putri sukses menarik perhatian publik setelah tampil di Clash of Champions (CoC). Dalam acara tersebut, Xaviera menjadi perwakilan dari universitas terbaik di Korea Selatan, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST).

Lebih hebatnya lagi, Xaviera mengambil double major di jurusan Computer Science dan Business Technology Management dengan beasiswa di universitas tersebut.

Baca juga: Siapa Shakira, Mahasiswa Kedokteran UI yang Juarai Clash of Champions 2024? Ini Sosok dan Prestasinya

Nama Xaviera semakin disorot saat ia berhasil menghafal 100 lukisan yang terdiri dari berbagai macam detail seperti judul lukisan, nama pelukis, asal negara pelukis, tahun pembuatan lukisan, hingga tahun kelahiran dan wafat penulis. Ia berhasil menghafal detail 100 lukisan tersebut dalam waktu satu jam.

Berkat kecerdasan dan prestasinya, banyak orang menjadi penasaran dengan cara belajar ala Xaviera. Melaui channel YouTube-nya, Xaviera membagikan tips belajar yang selalu ia terapkan dari SMA hingga kuliah di Korea.

Baca juga: Profil 4 Mahasiswa Jenius yang Viral di Clash of Champions, Ada dari Kampusmu?

Yuk, simak tips belajar ala Xaviera Putri yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kualitas belajarmu.

Tips Belajar Xaviera Putri

1. Pomodoro Teknik

Teknik Pomodoro adalah metode belajar yang melibatkan pengaturan waktu belajar dan istirahat. Tips Pomodoro ala Xaviera adalah dengan cara mengatur waktu 1 jam untuk belajar dan 15 menit untuk istirahat, lalu mengulangi sesei tersebut selama 2-3 kali. Kamu juga bisa menyesuaikan durasi ini sesuai dengan waktu yang kamu miliki.

2. Journaling

Tips berikutnya yang sangat membantu Xaviera adalah Journaling. Dalam videonya, ia melalukan strategi journaling ini menggunakan applikasi digital. Kebiasaan journaling ini sangat membantu Xaviera dalam melatih time management. Setiap malam, ia akan mencatat jadwal kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya, mulai dari jadwal kuliah hingga jadwal kegiatan harian.

3. Short but Frequent Rewards (hadiah kecil namun sering)

Strategi ini dilakukan Xaviera agar tetap fokus dan tidak cepat merasa jenuh saat belajar. Biasanya, ia memberi self-reward secara singkat namun rutin disela-sela kegiatan belajarnya. Hal ini membuatnya lebih semangat dan menjaga fokus dalam proses belajar.

4. Nyicil is Power

Alih-alih belajar ketika mendekati ujian, Xaviera memilih mempersiapkan diri dengan mencicil belajar materi sejak dua minggu sebelum ujian dimulai. Dengan cara ini, saat mendekati ujian, ia hanya perlu fokus review ulang yang telah dipelajari dan latihan soal.

5. Ganti Suasana

Ketika merasa sudah merasa jenuh belajar di tempat yang sama, Xaviera akan memanfaatkan waktu istirahat dalam teknik Pomodoro untuk merenggangkan badan atau berpindah tempat. Mendapatkan suasana belajar baru akan membantunya merasa kembali segar dan kembali fokus dalam belajar.

6. Hari Kreatif

Dalam satu minggu, Xaviera akan mengosongkan satu hari untuk melakukan aktivitas kreatif, seperti syuting konten, mengedit video, hingga membuat thumbnail. Hari ini menjadi riset day bagi Xaviera, agar membantunya melepas penat dari rutinitas mingguannya.

7. Create Small Habits That Can Help You Focus

Beberapa kebiasaan kecil sangat berpengaruh dalam proses belajar Xaviera. Misalnya, ia menjauhkan ponsel dari jangkauannya pada saaat belajar untuk mengurangi gangguan. Selain itu, ia selalu mencari suasana dan tempat yang nyaman untuk belajar. Kebiasaan kecil terakhinya adalah mendengarkan musik sambil belajar.

Dengan mengikuti tips belajar ala Xaviera Putri, kamu bisa membuat proses belajarmu menjadi lebih produktif, terstruktur, dan tetap menyenangkan. Jangan lupa untuk diterapkan, ya!

MG/ Fani Mursaila Irawan

Topik Menarik