Karier Yovie Widianto, Pendiri Kahitna dan Musisi yang Kini Jabat Staf Khusus Presiden

Karier Yovie Widianto, Pendiri Kahitna dan Musisi yang Kini Jabat Staf Khusus Presiden

Gaya Hidup | sindonews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 23:00
share

Yovie Widianto, musisi legendaris sekaligus pendiri Kahitna, kini memulai karier baru. Dikenal sebagai maestro musik yang telah berkiprah selama empat dekade di industri kreatif, Yovie resmi ditunjuk jadi Staf Khusus Presiden di Bidang Ekonomi Kreatif.

Dengan segudang pengalaman menciptakan karya fenomenal, Yovie Widianto optimis perannya di pemerintahan Presiden Prabowo Subianto akan membantu mempercepat pemberdayaan ekonomi kreatif Indonesia. Ia resmi dilantik di Istana Presiden, Jakarta pada Selasa (22/10/2024).

"Alhamdulillah hari ini saya dilantik dan dipercaya oleh bapak Presiden untuk menjadi Staf Khusus Presiden di Bidang Ekonomi Kreatif," kata Yovie.

Yovie dikenal sebagai musisi dan komposer ternama Indonesia. Tangan dingin musisi 56 tahun itu berhasil menciptakan sejumlah hits yang dibawakan penyanyi kenamaan seperti Rio Febrian, Audy, Pinkan Mambo, Astrid, Chrisye, Glenn Fredly, Rossa, Alika, Monita, Lyodra, Tiara Andini, Ziva Magnolya dan masih banyak lagi.

Karier Yovie Widianto, Pendiri Kahitna dan Musisi yang Kini Jabat Staf Khusus Presiden
Foto/Instagram Yovie WidiantoBaca Juga: Yovie Widianto Jabat Staf Khusus Presiden, Pengalaman di Industri Kreatif Jadi Modal Utama

Pria kelahiran 21 Januari 1968 ini juga dikenal sebagai salah satu pendiri grup musik Kahitna, Yovie and Nuno dan 5 Romeo yang aransemen musiknya memiliki ciri khas tersendiri.

Lima lagu ciptaan Yovie sangat populer dari generasi ke generasi juga menjadi bukti kesuksesannya di belantika musik.

Lima lagu itu seperti Cantik (Kahitna), Andai Dia Tahu (Kahitna), Menjaga Hati (Yovie and Nuno), Adu Rayu (Yovie Widianto feat Tulus dan Glenn Fredly), dan Terlanjur Mencinta (Lyodra, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya).

Sepanjang karier, Yovie Widianto juga sukses meraih beberapa penghargaan di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI). Di antaranya Pencipta Lagu R&B Terbaik (2000), Pencipta Lagu Alternatif Terbaik (2001), Produser/Penata Musik Pop Terbaik (2011), Produser/Penata Musik Pop Terbaik (2019), Produser Rekaman Terbaik (2019), Pencipta Lagu Pop Terbaik (2020) dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Raffi Ahmad hingga Yovie Widianto Jabat Utusan dan Staf Khusus Presiden, Resmi Dilantik Hari Ini

Ayah Arsy Widianto ini diangkat sebagai Staf Khusus Presiden bersama Raffi Ahmad, dan Gus Miftah. Pengangkatan Yovie tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 75/M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Staf Khusus Presiden.

Sebelum dilantik, Yovie sempat memberikan pernyataan kepada awak media menyoal tugasnya di bawah kepemimpinan Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka selama periode 2024-2029.

"Kalau di sini saya lebih membantu presiden dalam strategi ekonomi kreatif atau juga pemberdayaan ekonomi kreatif yang bisa jadi tidak hanya di satu kementerian tidak jauh dari pengalaman pekerjaan saya selama ini," jelas Yovie.

Topik Menarik