Lagi Stres? Hindari Minum 4 Minuman Ini

Lagi Stres? Hindari Minum 4 Minuman Ini

Gaya Hidup | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 20:30
share

STRES  berkepanjangan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik se secara menyeluruh. Kondisi seperti  ini bisa meningkatkan risiko penyakit dan memengaruhi kesehatan mental.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperbaiki gaya hidup dalam mengatasi masalah ini. Salah satunya, jangan sampai salah mengonsumsi beberapa jenis minuman tertentu yang justru memperparah stress yang sedang melanda.

Lantas apa saja minuman yang harus dihindari untuk diminum ketika sedang stress? Dikutip dari Times of India, Selasa (22/10/2024) berikut paparannya.

1. Alkohol: Alkohol bukanlah pilihan baik untuk mengatasi stres. Meskipun memberikan rasa lega sementara, alkohol dapat merusak kesehatan mental dan fisik, menyebabkan gangguan suasana hati dan mengganggu tidur. Sebagai depresan, konsumsi berlebihan dapat memperburuk depresi dan kecemasan.

Penelitian di jurnal Alcoholism: Clinical and Experimental Research menunjukkan bahwa orang yang mengandalkan alkohol untuk mengatasi stres berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kecemasan.

 

2. Kafein: Kafein bukan solusi efektif untuk mengatasi stress,  karena bisa  meningkatkan kecemasan dan mengganggu tidur, yang berdampak buruk pada kesehatan mental. Kafein juga meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

3. Minuman energi: Banyak orang percaya bahwa minuman energi dapat mengurangi stres, tetapi sebenarnya mengandung kafein dan gula tinggi yang dapat merugikan kesehatan jantung dan tekanan darah. Minuman ini juga mengganggu tidur dan meningkatkan kecemasan.

4. Minuman ringan: Minuman ringan mengandung gula dan kafein tinggi yang berdampak negatif pada kesehatan mental dan tidur, serta dapat meningkatkan kecemasan, tekanan darah, dan kesulitan tidur. Penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan stres.

Topik Menarik