AS Beri Sanksi 2 Perusahaan Teknologi China Akibat Bantu Rusia

AS Beri Sanksi 2 Perusahaan Teknologi China Akibat Bantu Rusia

Terkini | sindonews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 09:21
share

Amerika Serikat pada hari Kamis menjatuhkan sanksi kepada dua perusahaan China yang membantu Rusia membuat drone canggih untuk menggempur Ukraina.

BACA JUGA - Kapal Perang Rusia yang Dihancurkan Ukraina

Sanksi baru menargetkan perusahaan China, Xiamen Limbach Aircraft Engine Co Ltd, yang membuat mesin yang menggerakkan kendaraan udara tak berawak jarak jauh seri Garpiya Rusia, kata Departemen Keuangan AS.

Tindakan tersebut juga ditujukan kepada Redlepus Vector Industry Shenzhen Co Ltd yang berkantor pusat di China atas perannya dalam pengiriman drone tersebut dan orang serta perusahaan Rusia yang terafiliasi.

Seperti dilansir dari Wion News, drone-drone tersebut diyakini telah digunakan untuk menyerang target-target militer dan sipil di Ukraina, merusak infrastruktur penting dan menimbulkan korban jiwa baik sipil maupun militer. Reuters adalah yang pertama kali melaporkan bulan lalu bahwa drone-drone Rusia yang baru tersebut dibuat dengan menggunakan mesin dan suku cadang buatan China.

"Meskipun Amerika Serikat sebelumnya telah menjatuhkan sanksi kepada entitas [Republik Rakyat Tiongkok] yang menyediakan masukan penting bagi basis industri militer Rusia, ini adalah sanksi AS pertama yang dijatuhkan kepada entitas RRT yang secara langsung mengembangkan dan memproduksi sistem persenjataan lengkap dalam kemitraan dengan perusahaan-perusahaan Rusia," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller.

Seorang pejabat senior pemerintahan Biden mengatakan tindakan perusahaan-perusahaan China itu bertentangan dengan apa yang dikatakan pemerintah China secara pribadi tentang niatnya.

Juru bicara kedutaan besar China di Washington, Liu Pengyu, mengulangi penentangan China terhadap sanksi dan mengatakan pihaknya menangani ekspor produk militer secara bertanggung jawab.

"AS membuat tuduhan palsu terhadap perdagangan normal Tiongkok dengan Rusia, sama seperti terus menggelontorkan bantuan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya ke Ukraina," kata juru bicara tersebut. "Ini adalah standar ganda yang umum, dan sangat munafik dan tidak bertanggung jawab."

Perusahaan China tidak dapat segera dihubungi di luar jam kantor dan pemerintah Rusia juga tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.

Tindakan tersebut dilakukan saat kerja sama yang semakin dalam antara Rusia dan negara lain, termasuk China, telah menggagalkan upaya Washington untuk melumpuhkan upaya perang Rusia di Ukraina, yang terus berlanjut saat pasukan Moskow maju di timur.

Presiden AS Joe Biden akan berangkat ke Jerman untuk melakukan pembicaraan dengan sekutu-sekutu Eropa yang akan mencakup pembahasan strategi perang Ukraina. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mendorong "rencana kemenangan" yang ia harapkan akan mengakhiri invasi Rusia yang telah berlangsung lebih dari 2,5 tahun.

Biden telah berupaya meredakan ketegangan dengan Tiongkok bahkan sambil menegur pemerintahnya karena mendukung Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Cina Xi Jinping diperkirakan akan bertemu di sela-sela KTT BRICS 22-24 Oktober di Rusia, dan Washington tengah mencermati tanda-tanda kerja sama lebih lanjut, menurut pejabat senior pemerintahan Biden.

Topik Menarik