Dubes Arab Saudi Komitmen Perkuat Hubungan Ekonomi dan Keagamaan dengan Indonesia

Dubes Arab Saudi Komitmen Perkuat Hubungan Ekonomi dan Keagamaan dengan Indonesia

Nasional | sindonews | Senin, 7 Oktober 2024 - 18:08
share

Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah melakukan pertemuan bilateral dengan Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Bin Abdullah H. Amodi. Pertemuan yang berlangsung di Kedubes Arab Saudi ini membahas peluang kerja sama investasi yang lebih luas di sektor haji dan umrah.

Dubes Arab Saudi Faisal Bin Abdullah H. Amodi menyampaikan komitmen kuat negaranya untuk membuka pintu selebar-lebarnya bagi investasi Indonesia, khususnya dari BPKH, di Tanah Suci. Peluang investasi ini diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral kedua negara di bidang ekonomi dan keagamaan.

“Kerja sama investasi ini sangat strategis bagi kedua negara. Kami sangat mengapresiasi dukungan penuh dari Pemerintah Arab Saudi,” ujar Fadlul Imansyah, Senin (7/10/2024).

Baca juga: Kampanye Peduli Kesehatan Haji, Road to Hajj Run 2024 Digelar di CFD

Dubes Arab Saudi, Faisal Bin Abdullah H. Amodi juga menyatakan dukungan terhadap rencana investasi BPKH sejalan dengan visi 2030 Arab Saudi. Salah satu poin penting dalam pertemuan ini adalah rencana percepatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BPKH dan Pemerintah Arab Saudi.

Kerja sama melalui skema Government-to-Government (G to G) ini diharapkan dapat memberikan payung hukum yang kuat bagi pengembangan berbagai proyek investasi di sektor haji dan umrah.

Baca juga: Persiapan Haji 2025, BPKH Limited Resmi Kelola 200 Kamar Hotel di Makkah

“Kami optimistis MoU ini akan segera terwujud. Hal ini akan menjadi tonggak sejarah baru dalam hubungan bilateral Indonesia dan Arab Saudi,” tambah Fadlul Imansyah.

Data menunjukkan, hingga saat ini, sebanyak 3 juta jemaah haji dan umrah asal Indonesia telah mengunjungi Tanah Suci. Jumlah yang sangat besar ini menunjukkan potensi pasar yang sangat besar bagi kedua negara.

“Kami berharap kerja sama investasi ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan bagi jemaah haji dan umrah Indonesia, serta memberikan kontribusi positif bagi perekonomian kedua negara,” ucapnya.

Hadir dalam pertemuan itu anggota Badan Pelaksana BPKH Arief Mufraini, Sekretaris Badan BPKH Ahmad Zaky dan Kepala bagian konsulat Arab Saudi Jalal Hasan Al Mograby.

Topik Menarik