BNPT Terus Kolaborasi Tingkatkan SDM Mitra Deradikalisasi

BNPT Terus Kolaborasi Tingkatkan SDM Mitra Deradikalisasi

Nasional | sindonews | Senin, 7 Oktober 2024 - 19:03
share

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Eddy Hartono menghadiri Silaturahmi Kebangsaan BNPT bersama Mitra Deradikalisasi se-Solo Raya, Minggu (6/10/2024).

BNPT akan terus hadir melakukan pendampingan dan mengedukasi mitra deradikalisasi dalam upaya meningkatkan kualitas SDM untuk membantu mereka agar lebih siap kembali ke tengah masyarakat dengan dibekali sejumlah keahlian dan kompetensi sesuai dengan minat bakat mereka.

Baca juga: BNPT: Deradikalisasi Perlu Sinergi, Koordinasi dan Komunikasi

BNPT menggandeng kementerian atau lembaga terkait dengan didukung Densus 88 Antiteror Polri dan Pemda beserta Forkopimda untuk melakukan pendampingan.

Jenderal polisi bintang 3 ini menuturkan melalui program ini BNPT akan terus melakukan pendampingan kepada mitra deradikalisasi sehingga ke depannya dapat menjalankan kegiatan-kegiatan positif.

"Sehingga para mitra deradikalisasi ini bisa melanjutkan dengan hal-hal positif seperti kegiatan kewirausahaan dan juga mengajar baik di SD maupun PAUD," ujar Eddy.

Pemerintah akan terus berupaya memfasilitasi kebutuhan mitra deradikalisasi agar ke depannya mereka semakin mandiri sehingga jauh dari kemungkinan kembali terpapar paham intoleran radikal terorisme.

"Ke depan mereka lebih mandiri sehingga pemerintah memfasilitasi supaya mereka melakukan usaha-usaha kewirausahaannya lebih berhasil dan mandiri," katanya.

Ketua Yayasan Gema Salam Ustaz Muhammad Jamaluddin mengatakan, silaturahmi ini sesuai dengan program yang dijalankan untuk menyatukan mitra deradikalisasi dengan masyarakat.

"Jadi program kami itu untuk menyatukan mitra deradikalisasi dengan seluruh unsur pemerintahan yang tadinya itu mereka dilayani secara langsung sekarang ini kita ingin satukan dengan masyarakat,” ujar Eddy.

Mitra deradikalisasi Solo Raya telah berkomunikasi dengan pendamping wilayah. Selain BNPT juga berkomunikasi dengan Kodim, Polres maupun stakeholder terkait dan berjalan sesuai dengan yang direncanakan oleh pihak yayasan.

Topik Menarik