HUT ke-79 TNI, Atraksi Pendaki Serbu Terjun dari Monas Bikin Kagum Masyarakat

HUT ke-79 TNI, Atraksi Pendaki Serbu Terjun dari Monas Bikin Kagum Masyarakat

Terkini | sindonews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 10:59
share

Atraksi Pendaki Serbu sukses membuat masyarakat terkagum-kagum saat menyaksikan perayaan HUT ke-79 TNI di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). Hadir dalam kesempatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai inspektur upacara.

Para Personel Serbu sudah bersiap di puncak menara Monas. Mereka lalu terjun menggunakan tali dengan kepala mengarah ke bawah.

Saat personel melakukan atraksi itu, masyarakat pun langsung bertepuk tangan dan berteriak, menggambarkan rasa bangga dan kagum melihat hal tersebut.

"Adek itu liat di atas Monas," kata seorang ibu yang membawa anaknya untuk melihat puncak perayaan HUT ke-79 TNI, di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Usai pendaki serbu, masyarakat kembali disuguhkan atraksi dari udara sebanyak 200 personel TNI dari tiga matra melakukan atraksi free fall.

Penanggung Jawab Demo Gabungan Panitia HUT Ke-79 TNI, Marsekal Muda TNI Donald Kasenda mengatakan, ratusan personel itu merupakan gabungan dari tiga matra, yakni Angkatan Laut (AL), Angkatan Darat (AD), dan Angkatan Udara (AU).

"Jadi ada terjun payung ya sebanyak 200 penerjun gabungan TNI, Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara," kata Donald usai gladi resik HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).

Ratusan personel tersebut melakukan sejumlah manuver di langit Jakarta dan mengelilingi Monas, kemudian mendarat tepat di depan panggung utama yang berbentuk Istana Garuda IKN.

"Kemudian sambil terjun akan dilaksanakan pendaki serbu (Dakibu), ada Beladiri Taktis (BDT), ada drone yang akan kita tampilkan kemudian sebelum acara defile, akan ditampilkan terjun payung selesai itu persiapan untuk defile," ucapnya.

Baca juga: Profil Mayjen TNI Djon Afriandi, Danjen Kopassus yang Menjadi Komandan Upacara HUT ke-79 TNI

Antusias Berswafoto dengan Alutsista TNI

Masyarakat antusias berswafoto dengan deretan alutsista milik TNI di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (5/10/2024). Keberadaan alutsista di sana untuk merayakan HUT ke-79 TNI.

Berdasarkan pantauan SINDOnews, deretan alutsista tersusun rapi di salah satu sisi Monas. Nantinya, alutsista itu akan dipersiapkan untuk parade.

Para anggota TNI pun dengan ramah menerima ajakan berfoto anak-anak. Ada pula anggota TNI yang sedikit menjelaskan kepada masyarakat tentang jenis alutsista yang berada di sana.

ALutsista yang dipamerkan antara lain tank Leopard 2 RI, yang menjadi tank tempur utama andalan. Dilengkapi dengan daya tembak yang sangat dahsyat dengan proteksi maksimal serta mobilitas yang siap menghadapi segala ancam di medan tempur modern.

Ada juga kelompok Panser V-150 canon kendaraan tempur lapis baja dengan kemampuan gaya tembak yang dahsyat, yang telah dilengkapi dengan senjata atridor.

Lalu ada juga 8 unit Tank Harimau hasil kerja sama Indonesia dan Turki. Didesain untuk operasi tempur bergerak cepat Tank Harimau dilengkapi dengan sistem persenjataan dan protek canggih serta mampu menghadapi berbagai kondisi medan tempur.

Baca juga: Mengapa 5 Oktober Diperingati sebagai HUT TNI?

Salah satu Anggota TNI yang bertugas menjelaskan bahwa masyarakat bukan hanya diperbolehkan untuk berfoto dengan latar alutsista, tetapi juga diizinkan ikut parade. Namun, hanya beberapa jenis kendaraan saja yang diperbolehkan untuk ditumpangi masyarakat.

Ade Tanjung sebagai pengunjung di sana mengatakan memang sengaja datang ke acara HUT TNI. Hal itu karena ajakan sang anak untuk melihat secara langsung alutsista.

"Anak-anak saya sangat senang dapat foto dan naik alutsista. Semoga bisa ikut parade juga," kata Ade saat ditemui di Monas, Sabtu (5/10/2024).

Dia mengaku sangat senang acara tersebut dapat dibuka untuk masyarakat umum. Dia pun berharap TNI dapat semakin berjaya dalam menjaga kedaulatan Indonesia.

"Semoga TNI semakin jaya," ucapnya.

Topik Menarik