Rekor Tinju Buster Douglas, Petinju AS yang Jadi Mimpi Buruk Mike Tyson di Tokyo 1990

Rekor Tinju Buster Douglas, Petinju AS yang Jadi Mimpi Buruk Mike Tyson di Tokyo 1990

Olahraga | sindonews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 12:12
share

Rekor tinju Buster Douglas akan dibahas di artikel ini. Saat masih aktif bertinju, ia pernah mengalahkan Mike Tyson yang waktu itu berstatus juara kelas berat tak terbantahkan.

Bertanding di Tokyo Dome pada 11 Februari 1990, Douglas yang sama sekali tidak diunggulkan naik ke atas ring untuk melawan Tyson. Menariknya, petinju asal Amerika Serikat ini bisa menang dan memberi kekalahan pertama untuk Iron Mike yang waktu itu sedang kacau setelah berpisah dengan istrinya, Robin Givens.

Terlepas dari kemenangan mengejutkannya melawan Tyson, Douglas sebenarnya punya riwayat tinju yang cukup mentereng. Sejak debut di ring profesional, ia banyak mencatatkan kemenangan dan torehan membanggakan.

Baca Juga: Canelo Terlihat di Jepang, Siap Bertarung Lawan Inoue?

Rekor Tinju Buster Douglas

BoxRec mencatat James ‘Buster’ Douglas debut tinju profesional pada 23 Juli 1981. Bertanding di Mount Vernon Plaza, Columbus, ia menang dari Mike Lear.

Pada tahun yang sama, Douglas melewati lima pertandingan lain. Empat di antaranya menang, sementara satu sisanya berakhir kekalahan ketika melawan David Bey pada November.

Setelah itu, Douglas melanjutkan tren positif dengan 14 laga tak terkalahkan sampai September 1983. Kekalahan keduanya terjadi pada Desember 1983, tepatnya setelah ditumbangkan Mike White.

Baca Juga: Artur Beterbiev vs Dmitry Bivol: Pertaruhan 4 Sabuk Juara

 

Namanya menjadi perhatian ketika mengalahkan Trevor Berbick pada Februari 1989. Setahun berselang, popularitas Douglas semakin melejit usai memberi kekalahan perdana bagi juara kelas berat tak terbantahkan Mike Tyson.

Buster Douglas menghentikan sang juara melalui KO di ronde ke-10. Hal ini membuatnya berhasil memenangkan gelar juara dunia pertama dalam kariernya, sekaligus dinobatkan sebagai juara kelas berat WBA, WBC, dan IBF yang baru.

Setelah laga melawan Tyson, Douglas sempat dikalahkan Evander Holyfield. Setelah itu, ia masih terus berkarier sampai Februari 1999.

Sepanjang kariernya di ring profesional, Douglas mencatatkan 44 pertarungan. Hasilnya, ia menang 37 kali (24 KO), 6 kali kalah, serta 1 kali imbang.

Itulah ulasan mengenai rekor tinju Buster Douglas, petinju AS yang jadi mimpi buruk Mike Tyson di Tokyo 1990.

Topik Menarik