Profil Anthony Olascuaga, dari Sopir Taksi Menjadi Juara Dunia Tinju

Profil Anthony Olascuaga, dari Sopir Taksi Menjadi Juara Dunia Tinju

Olahraga | sindonews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 11:11
share

Profil Anthony Olascuaga, seorang sopir taksi dan tukang cukur yang menjelma menjadi juara dunia tinju. Anthony Olascuaga, seorang petinju kelas terbang berusia 25 tahun dari Los Angeles, telah menghentikan kedua pekerjaan tersebut dari kehidupannya saat ia menuju perebutan gelarnya melawan Jonathan Gonzalez pada 14 Oktober di Jepang.

Ini dikarenakan Olascuaga kini menjadi pemegang gelar juara dunia, setelah memenangkan sabuk WBO kelas terbang 50,8 kilogram setelah memukul KO Riku Kano dalam tiga ronde untuk merebut gelar yang masih lowong pada bulan Juli lalu. Meskipun Olascuaga (7-1, 5 KO) telah menantang gelar sebelumnya, kalah dari Kenshiro Teraji yang saat itu berbobot 48,9 kg pada April 2023, ia masih belum menjadi komoditas yang dikenal dalam olahraga ini, dengan hanya delapan pertandingan di bawah ikat pinggangnya.

Baca Juga: Artur Beterbiev vs Dmitry Bivol Pertaruhan 4 Sabuk Juara

Dengan Olascuaga mencatatkan kemenangan atas Gonzalez (28-3-1, 14 KO) yang selalu menang dan pemegang gelar juara dunia kelas terbang junior WBO (28-3-1, 14 KO), hal itu tidak diragukan lagi akan berubah. ''Saya harus mengukuhkan nama saya sebagai juara,” kata Olascuaga kepada BoxingScene dalam sebuah sesi latihan baru-baru ini di LA Boxing Gym.

“Saya sedikit pemalu. Saya tidak membawa sabuk itu keluar rumah. Saya merasa setelah pertarungan ini, saya akan memiliki status juara. Saya merasa saya akan memasuki laga ini sebagai seorang penantang. Saya melihat seorang lawan yang hebat seperti Gonzalez di depan saya sebagai seorang juara. Namun, saat saya mengalahkan Gonzalez melalui KO, itu akan menjadi terobosan saya yang sesungguhnya dan saya akan merasa seperti seorang juara. Saya siap untuk menjadi juara di masa depan, dan mengatakan kepada semua orang dengan berat badan 112 kilogram bahwa saya akan bertahan,”papar Olascuaga.

Olascuaga mengatakan bahwa ia belum merasakan banyak perbedaan dalam hidupnya setelah menjadi seorang juara dunia - terutama karena ia belum pernah meraih pendapatan sebesar enam digit. Ia berharap promotor Tuto Zabala Jr. dari All Star Boxing akan mengubah hal tersebut seiring dengan kemenangan yang terus bertambah.

“Saya segera kembali ke mode pemusatan latihan sejak mengalahkan Kano,” kata Olascuaga. “Saya tetap berdedikasi dan terfokus pada apa yang membawa saya ke sini. Saya lebih fokus sekarang dan mendedikasikan hidup saya untuk bertinju secara penuh waktu, daripada bekerja sebagai pengemudi Uber dan memikirkan dari mana makanan saya selanjutnya. Hal ini menempatkan saya pada posisi yang lebih baik untuk hanya fokus pada karier tinju saya.”

Dengan hanya 25 pertandingan amatir di bawah ikat pinggangnya, Olascuaga telah menikmati sparring kelas dunia sebagai pembaptisannya dalam dunia tinju selama bertahun-tahun, menghadapi orang-orang seperti Roman “Chocolatito” Gonzalez, Jesse “Bam” Rodriguez, Carlos Caudras, rekan setimnya, Junto Nakatani, dan bahkan Teraji, sebelum ia akhirnya melawannya.

Olascuaga mendapatkan laga melawan Teraji sebagai lawan pengganti yang terlambat, karena ia telah berada di Jepang untuk berlatih demi sebuah laga lainnya di Korea Selatan. Olascuaga terjatuh dua kali dan terhenti pada ronde kesembilan, menderita kekalahan TKO dalam laga perebutan gelar kelas terbang ringan. ''Saya menang lebih banyak daripada kalah dalam laga melawan Teraji, karena saya membuat nama saya dikenal,” kata Olascuaga.

''Promotor saya menjadi lebih percaya diri, dan saya mendapatkan banyak penggemar. Saya kira saya sudah berada di level juara, namun kekalahan dari Teraji membuat saya ingin menjadi lebih baik lagi. Teraji membuktikan pada saya bahwa saya telah mempersiapkan diri.”

Olascuaga melawan Gonzalez akan tampil dalam kartu pertandingan rekan setimnya, Nakatani, sebagai bagian dari kartu pertandingan di Tokyo selama dua hari yang menampilkan tujuh laga perebutan gelar di ESPN+. Laga ini akan menandai laga keempat Olascuaga secara beruntun di Jepang. ''Saya memiliki banyak pengalaman,” kata Olascuaga.

Baca Juga: Setelah Duel Tinju lawan Mike Tyson, Jake Paul Terjun ke Ajang MMA

''Saya telah bekerja keras dengan pelatih kepala saya, Rudy Hernandez, dan ia telah memberi saya mental juara sejak hari pertama saya bekerja dengannya. Saya telah tinggal bersamanya sejak usia 15 tahun. Dia telah menjadi contoh yang baik dalam hidup saya. Saya percaya padanya dan sangat menghargai apa yang telah ia lakukan untuk saya dan karier saya.”

Pelatih Olascuaga, Hernandez, yang juga melatih Nakatani, memberikan julukan “Princesa” kepada anak asuhnya yang berambut pirang itu. ''Itu karena saya harus selalu tampil ciamik,” kata Olascuaga. “Saya merapikan alis dan kuku, serta mewarnai rambut saya. Memang jadul, tapi saya tidak keberatan dengan julukan itu.”

Olascuaga berencana untuk mewarnai rambutnya dengan warna merah muda untuk mempertahankan gelar pertamanya, namun ia kehabisan waktu karena ia harus pindah kamp ke Jepang untuk persiapan terakhir. Beberapa hasrat dari tinju terlalu sulit untuk dihentikan, namun kemenangan besar melawan Gonzalez akan menempatkan Olascuaga di kursi pengemudi untuk mengendalikan kariernya dengan lebih baik di masa depan.

Topik Menarik