Penyaluran Kredit Berkelanjutan Bank Niaga Tembus Rp56,4 Triliun

Penyaluran Kredit Berkelanjutan Bank Niaga Tembus Rp56,4 Triliun

Terkini | sindonews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 15:57
share

PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) menegaskan komitmen perusahaan untuk mendorong praktik bisnis berkelanjutan yang sesuai prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST). Hal itu tercermin dari penyaluran pembiayaan berkelanjutan yang hingga semester I-2024 mencapai Rp56,4 triliun, atau hampir 26 dari total pembiayaan bank.

Dukungan pada transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) itu juga diwujudkan dengan penyelenggaraan The Cooler Earth (TCE) Sustainability Series 2024 di Graha CIMB Niaga dan Energy Building Jakarta, Rabu-Jumat, 2-4 Oktober 2024.

Baca Juga: OJK : Total Kredit Berkelanjutan Perbankan Tembus Rp1.959 Triliun per 2023

Kegiatan yang digelar dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke-69 CIMB Niaga ini merupakan kelanjutan dari TCE Sustainability Summit yang diinisiasi oleh CIMB Group sejak 2019. Tujuannya adalah untuk memobilisasi komitmen dan tindakan kolektif dalam membentuk masyarakat yang bertanggung jawab dan planet yang lebih layak huni.

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei mengatakan, acara ini merupakan respons dari dampak pemanasan global yang kian nyata. "CIMB Niaga sebagai bank yang berkomitmen dan aktif dalam mengimplementasikan sustainability, menyelenggarakan rangkaian acara ini sebagai inisiatif untuk mengajak masyarakat luas dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan," kata Fransiska dalam Media Gathering TCE Sustainability Series 2024, di Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Pada tahun ini TCE Sustainability Series dirancang dalam format berbeda dan menghadirkan beragam kegiatan, mulai dari Exhibition, Media Gathering, serta Experiential Learning dengan mengusung semangat #SekarangUntukMasaDepan.

Sebelumnya, sejak awal 2024 CIMB Niaga juga telah mengadakan TCE Sustainability Series di 17 kota di Indonesia, termasuk Jakarta. Hal ini diharapkan dapat merangkul lebih banyak kalangan seperti media, nasabah, karyawan, pelajar, komunitas, dan masyarakat dalam mewujudkan bumi yang lestari.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Menlu Segera Evakuasi WNI dari Lebanon

Fransiska menjelaskan, sejatinya gaya hidup ramah lingkungan dapat diterapkan oleh siapa saja dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari hal kecil seperti memakai tumbler untuk mengurangi pemakaian botol plastik sekali pakai, atau membawa tas saat berbelanja untuk menghindari pemakaian kantong plastik.

Di level perusahaan penerapan sustainability dapat diterapkan misalnya melalui digitalisasi, menggunakan solar panel sebagai sumber listrik, dan menerapkan waste management.

Untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam menerapkan sustainability saat menjalankan aktivitas perbankan, CIMB Niaga juga menyediakan berbagai produk bertema sustainability, baik di segmen Consumer Banking maupun Business Banking. Di antaranya, Kartu Kredit Digital OCTO Card (kartu kredit tanpa kartu fisik), dan program One House One Tree yang mengalokasikan donasi 1 pohon setiap pembelian 1 unit rumah.

Adapun di segmen Business Banking, CIMB NIaga memiliki pembiayaan sustainability linked-loan (SLL) atau sustainable finance (SF) serta Giro Kartini, produk giro khusus bagi para pengusaha wanita.

Topik Menarik