Tips MotionTrade: 4 Momen Tepat untuk Menjual Saham

Tips MotionTrade: 4 Momen Tepat untuk Menjual Saham

Terkini | sindonews | Senin, 30 September 2024 - 16:17
share

MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Berkenaan dengan hal tersebut, MNC Sekuritas aktif mendukung penciptaan investor baru di pasar modal dengan menyediakan beragam instrumen investasi pasar modal, seperti saham, reksa dana, obligasi, dan produk turunan lainnya.

Berinvestasi pada saham bukan berarti Anda harus menyimpan (hold) tanpa ada tujuan dan jangka waktu yang jelas. Anda perlu mengetahui waktu yang tepat agar dapat menjual saham yang Anda miliki baik secara keseluruhan atau sebagian untuk mendapatkan keuntungan. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham dan dapat dijadikan pertimbangan sebagai waktu yang tepat untuk menjualnya.

MotionTrade telah merangkum 4 (empat) waktu atau momen yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual saham Anda.

1. Mencapai Nilai WajarnyaAnda dapat menjual saham saat harganya mencapai atau melebihi nilai wajar yang telah Anda tentukan berdasarkan analisis teknikal atau secara fundamental. Ketika harga saham mencapai level yang diinginkan tentunya menjadi momen yang tepat untuk menjual saham tersebut sehingga meraih keuntungan. Baca Juga: MNC Sekuritas Gandeng Capital Asset Management Beri Edukasi Reksa Dana ke Dosen Universitas Pelita Bangsa

2. Kinerja Perusahaan MenurunPenting bagi investor untuk memantau kinerja saham yang dimiliki, misalnya apabila terjadi penurunan signifikan pada laba perusahaan atau pertumbuhan yang melambat. Perusahaan yang memiliki utang floating rate besar bisa saja menjadi beban keuangan yang semakin meningkat sehingga menurunkan laba. Hal ini bisa menjadi indikasi untuk menjual saham Anda.

3. Pola Candlestick TertentuDalam menganalisa saham, Anda dapat melakukan analisa teknikal menggunakan pola candlestick sebagai alat bantu untuk mengetahui kapan waktu yang tepat menjual saham. Secara umum, pola candlestick dibagi menjadi dua, yaitu pola candlestick bullish dan bearish. Pola candlestick bullish yaitu pola yang menandakan bahwa bahwa saham akan naik. Sementara itu, pola candlestick bearish yaitu pola yang menandakan bahwa bahwa saham akan turun. Momen yang tepat untuk menjual saham tentunya saat pola candlestick bearish.

4. Sentimen Negatif Setelah Koreksi IHSGHarga saham bisa saja turun secara drastis apabila terjadi berita buruk terhadap suatu emiten atau perusahaan setelah koreksi IHSG. Koreksi IHSG ini berimbas pada perusahaan dan harga saham terkait. Anda yang memegang saham tersebut dapat menjual saham untuk menghindari kerugian. Namun, Anda perlu memperhatikan dengan cermat karena bisa saja penurunan tersebut terjadi karena sentimen yang bersifat jangka pendek. Baca Juga: MNC Sekuritas Gandeng Capital Asset Management Beri Edukasi Reksa Dana ke Dosen Universitas Pelita Bangsa

Itulah beberapa momen tepat untuk menjual saham Anda. Perlu diperhatikan bahwa penurunan harga saham dapat terjadi pada semua perusahaan. Ada yang kembali naik dalam jangka waktu singkat, tetapi ada juga yang turun terus-menerus. Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang optimal diperlukan analisis yang mendalam dan target jangka waktu investasi yang sesuai.

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade. MNC Sekuritas, Invest with The Best!

Topik Menarik