7 Fakta Menarik Hassan Nasrallah, Salah Satunya Memimpin Perubahan Hizbullah

7 Fakta Menarik Hassan Nasrallah, Salah Satunya Memimpin Perubahan Hizbullah

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 28 September 2024 - 00:45
share

Hassan Nasrallah, pemimpin lamaHizbullah, tewas dalam serangan udara besar-besaran Israel di Beirut pada Jumat malam, kelompok yang berbasis di Lebanon itu telah mengonfirmasi. Tentara Israel telah mengklaim pembunuhan itu sebelumnya pada hari itu.

7 Fakta Menarik Hassan Nasrallah, Salah Satunya Memimpin Perubahan Hizbullah

1. Mencapai Puncak Popularitas pada 2006

Melansir Al Jazeera, Nasrallah, yang mencapai puncak popularitasnya setelah perang dengan Israel pada tahun 2006, dipandang sebagai pahlawan oleh banyak orang, tidak hanya di Lebanon tetapi juga di luar negeri. Melawan Israel adalah hal yang mendefinisikan dirinya dan kelompoknya yang didukung Iran, Hizbullah, selama bertahun-tahun.

Namun, itu berubah ketika Hizbullah mengirim para pejuang ke Suriah untuk menghancurkan pemberontakan yang mengancam pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Nasrallah tidak lagi dipandang sebagai pemimpin gerakan perlawanan, melainkan pemimpin partai Syiah yang memperjuangkan kepentingan Iran, dan dikritik oleh banyak negara Arab.

Bahkan sebelum keterlibatan Hizbullah dalam perang di Suriah, Nasrallah telah gagal meyakinkan banyak orang di dunia Arab Muslim Sunni bahwa gerakannya tidak berada di balik pembunuhan mantan perdana menteri Lebanon, Rafik Hariri, pada tahun 2005. Pengadilan internasional mendakwa empat anggota kelompok tersebut atas pembunuhan tersebut dan satu orang kemudian dihukum.

2. Saat Kecil Suka Menatap Foto Ulama Syiah

Lahir pada tahun 1960, masa kecil Nasrallah di Beirut Timur diselimuti mitologi politik. Sebagai salah satu dari sembilan bersaudara, ia dikatakan saleh sejak usia dini, sering berjalan-jalan ke pusat kota untuk mencari buku-buku bekas tentang Islam.

Nasrallah sendiri telah menggambarkan bagaimana ia menghabiskan waktu luangnya sebagai seorang anak dengan menatap dengan penuh hormat potret ulama Syiah Musa al-Sadr – sebuah hobi yang meramalkan perhatiannya di masa depan terhadap politik dan komunitas Syiah di Lebanon.

3. Mendirikan Gerakan Kaum Miskin

Melansir Al Jazeera, pada tahun 1974, Sadr mendirikan sebuah organisasi – Gerakan Kaum Miskin – yang menjadi inti ideologis bagi partai Lebanon yang terkenal dan saingan Hizbullah, Amal. Pada tahun 1980-an, Amal menambang dukungan dari kaum Syiah kelas menengah yang telah frustrasi dengan marginalisasi historis sekte tersebut di Lebanon, untuk tumbuh menjadi gerakan politik yang kuat.

Selain menyampaikan pesan anti kemapanan, Amal juga menyediakan pendapatan tetap bagi banyak keluarga Syiah, yang membuka sistem patronase yang kompleks di seluruh Lebanon selatan.

Setelah pecahnya perang saudara antara kaum Kristen Maronit dan Muslim di Lebanon, Nasrallah bergabung dengan gerakan Amal dan bertempur bersama milisinya. Namun seiring berjalannya konflik, Amal mengambil sikap yang sangat tidak simpatik terhadap kehadiran milisi Palestina di Lebanon.

Terganggu oleh sikap ini, Nasrallah berpisah dari Amal pada tahun 1982, tak lama setelah invasi Israel ke Lebanon, dan membentuk kelompok baru dengan dukungan Iran yang kemudian menjadi Hizbullah. Pada tahun 1985, Hizbullah telah mengkristalkan pandangan dunianya sendiri dalam sebuah dokumen pendirian, yang ditujukan kepada "orang-orang tertindas di Lebanon" dan menyebut Pemimpin Tertinggi Ayatollah Khomeini dari Iran sebagai satu-satunya pemimpin sejatinya.

Baca Juga: Siapa Hassan Nasrallah? Pemimpin Hizbullah yang Diklaim Israel Tewas dalam Serangan Udara

4. Pernah Terlibat Perang Saudara

Sepanjang perang saudara, Hizbullah dan Amal berkembang dalam hubungan yang sengit, sering kali saling berebut dukungan di antara para pendukung Syiah Lebanon. Pada tahun 1990-an, setelah banyak bentrokan berdarah dan dengan berakhirnya perang saudara, Hizbullah sebagian besar telah mengalahkan Amal dalam hal keunggulan di antara para pendukung Syiah Lebanon. Nasrallah menjadi sekretaris jenderal ketiga kelompok tersebut pada tahun 1992, setelah pendahulunya, Abbas al-Musawi, terbunuh oleh rudal Israel.

Sejak awal kariernya, pidato-pidato Nasrallah membantu memperkuat personanya sebagai sosok yang bijaksana dan rendah hati, yang sangat peduli dengan kehidupan masyarakat sehari-hari – seorang pemimpin yang menghindari bahasa Arab formal demi dialek yang digunakan di jalan, dan yang dilaporkan lebih suka tidur, setiap malam, di atas kasur busa sederhana di lantai.

5. Sukses Memadukan Politik dan Citra Keagamaan

Dalam buku The Hizbullah Phenomenon: Politics and Communication, pakar politik Dina Matar menggambarkan bagaimana kata-kata Nasrallah telah memadukan klaim politik dan citra keagamaan, menciptakan pidato dengan tegangan emosional tinggi yang mengubah Nasrallah menjadi "perwujudan sejati kelompok".

Karisma Nasrallah sangat luas; elegi-eleginya tentang sejarah penindasan di Timur Tengah telah menjadikannya tokoh berpengaruh di berbagai sekte dan negara. Itu dibantu oleh perangkat media Hizbullah yang luas, yang memanfaatkan TV, berita cetak, dan bahkan pertunjukan teater musikal untuk menyebarkan pesannya.

Ketika Nasrallah mengambil posisi sekretaris jenderal, ia ditugaskan untuk membawa Hizbullah ke dalam pertikaian politik Lebanon pascaperang. Hizbullah berubah dari bekerja di luar lingkup resmi politik negara menjadi partai nasional yang meminta dukungan setiap warga negara dengan berpartisipasi dalam pemilihan umum yang demokratis.

6. Memimpin Perubahan Hizbullah

Yang memimpin perubahan ini adalah Nasrallah, yang menempatkan Hizbullah pada pemilihan umum untuk pertama kalinya pada tahun 1992 dan menghimbau massa dalam pidato-pidato yang membangkitkan semangat. Seperti yang ia katakan kepada Al Jazeera pada tahun 2006, “Kami, Syiah dan Sunni, berjuang bersama melawan Israel,” seraya menambahkan bahwa ia tidak takut “adanya hasutan, baik antara Muslim dan Kristen, maupun antara Syiah dan Sunni di Lebanon”.

Sebagai pemimpin Hizbullah selama lebih dari 30 tahun, Nasrallah sering digambarkan sebagai tokoh paling berkuasa di Lebanon meskipun tidak pernah secara pribadi memegang jabatan publik.

Para pengkritiknya mengatakan kekuatan politiknya berasal dari senjata yang dimiliki Hizbullah, dan senjata itu juga telah digunakan untuk melawan lawan-lawan dalam negeri. Nasrallah berulang kali menolak seruan agar kelompoknya dilucuti senjatanya, dengan mengatakan, “Hizbullah menyerahkan senjatanya … akan membuat Lebanon terekspos di hadapan Israel.”

7. Hizbullah Tak Akan Runtuh dengan Kematian Hassan Nasrallah

Pada tahun 2019, ia mengkritik protes nasional yang menyerukan tatanan politik baru di Lebanon, dan anggota Hizbullah bentrok dengan beberapa pengunjuk rasa. Hal itu merusak citranya di mata banyak orang di Lebanon.

Namun, para pendukung Nasrallah masih menganggapnya sebagai pembela hak-hak Muslim Syiah, sementara para pengkritiknya menuduhnya menunjukkan kesetiaan kepada Teheran dan otoritas keagamaannya setiap kali kepentingan mereka bertentangan dengan kepentingan rakyat Lebanon.

Hizbullah menghadapi salah satu tantangan terbesarnya setelah kelompok itu membuka front melawan Israel untuk membantu meredakan tekanan terhadap sekutunya Hamas di Gaza, pada Oktober 2023. Kelompok itu menderita kerugian setelah berbulan-bulan pertempuran lintas batas dan serangan Israel yang menargetkan tokoh-tokoh penting dalam gerakan itu. Namun, Nasrallah tetap menantang.

Meskipun Nasrallah telah digambarkan sebagai "personifikasi Hizbullah", kelompok yang ia bangun selama lebih dari tiga dekade sangat terorganisasi dan tetap bertekad untuk terus melawan Israel.

Hizbullah tidak mungkin runtuh di bawah beban pembunuhan Nasrallah, tetapi dalam kematiannya, kelompok itu telah kehilangan seorang pemimpin yang karismatik dan pengaruhnya jauh melampaui Lebanon. Kelompok tersebut kini harus memilih pemimpin baru, yang selanjutnya harus memutuskan arah yang akan diambil Hizbullah. Apa pun yang diputuskan kelompok tersebut akan memengaruhi lebih dari sekadar Hizbullah: dampaknya akan terasa di Lebanon dan wilayah yang lebih luas.

Topik Menarik