UMKM Binaan Pertamina Tarik Perhatian Wisatawan Mancanegara di Ajang Pertamina Grand Prix

UMKM Binaan Pertamina Tarik Perhatian Wisatawan Mancanegara di Ajang Pertamina Grand Prix

Terkini | sindonews | Sabtu, 28 September 2024 - 16:32
share

Sebanyak 60 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Pertamina Patra Niaga bersama Rumah BUMN turut berpartisipasi dalam Pertamina Grand Prix of Indonesia. Para UMKN tersebut, menawarkan beragam produk, mulai dari kuliner khas Lombok hingga kerajinan tangan seperti tas, baju, dan aksesori yang menjadi suvenir menarik bagi pengunjung.

Baca Juga : MyPertamina Tebar Diskon di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024

“Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah melalui partisipasi UMKM dalam acara internasional seperti ini. Dukungan ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan UMKM, khususnya di Lombok,” jelas Heppy Wulansari, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga.

Heppy melanjutkan, semua UMKM yang menjual makanan telah menggunakan Bright Gas untuk memberikan kualitas masakan terbaik selama perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia. Selain itu, penggunaan aplikasi MyPertamina memudahkan transaksi, mengoptimalkan pengalaman belanja bagi pengunjung.

"Dengan MyPertamina, UMKM dapat mengelola penjualan secara efisien, dan pembeli juga mendapatkan harga spesial untuk setiap transaksi," tambah Heppy.

Berbagai pengunjung yang hadir, termasuk dari mancanegara, sangat antusias melihat UMKM binaan Pertamina ini. Salah satunya Susie Gait asal Inggris, ia membeli songket khas Lombok dan mengungkapkan ketertarikannya terhadap produk-produk Indonesia.

”Menurut saya ini adalah ide yang sangat luar biasa untuk menghadirkan banyak booth yang menjual kerajinan dan makanan lokal, karena kami tidak melakukan hal seperti ini di British Grand Prix. Ini adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan produk lokal kepada dunia,” kata Susie.

Salah satu pelaku UMKM binaan Pertamina Patra Niaga, Indah Lestari yang merupakan pemilik dari usaha Songket Bunga Rinjani mengaku sangat terbantu sejak bergabung sebagai mitra binaan Pertamina. Ia mengatakan, banyak sekali manfaat yang ia dapat untuk pengembangan usahanya.

Baca Juga : Gunakan MyPertamina, UMKM Go Digital di Pertamina Grand Prix of Indonesia

”Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pertamina atas dukungannya selama ini, apalagi kali ini saya diajak untuk berjualan di ajang internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia. Selain meningkatkan merek saya, pendapatan selama di acara ini juga jauh meningkat,” ujar Indah.

Partisipasi UMKM binaan Pertamina tidak hanya memperkuat ekonomi lokal, tetapi juga menjadikan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 sebagai platform untuk memperkenalkan budaya dan inovasi Indonesia kepada dunia.

Topik Menarik