Gelar Hajj Run 2024, BPKH Persiapkan Fisik untuk Haji Sejak Dini

Gelar Hajj Run 2024, BPKH Persiapkan Fisik untuk Haji Sejak Dini

Nasional | sindonews | Rabu, 25 September 2024 - 22:01
share

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) kembali menyelenggarakan BPKH Hajj Run 2024, sebuah program tahunan untuk mengajak masyarakat terlibat aktif dalam kegiatan fisik yang sehat. Kegiatan ini akan berlangsung pada 3 November 2024 di Padang, Sumatera Barat.

BPKH Hajj Run 2024 mengedepankan filosofi bahwa ibadah haji membutuhkan kesiapan fisik yang kuat dan sehat, sesuai prinsip istitho'ah atau kesiapan fisik sebagai syarat melaksanakan ibadah haji.

Melalui program ini, BPKH ingin mengajak masyarakat untuk memahami bahwa persiapan fisik yang optimal sangat diperlukan dalam menjalankan ibadah haji, sebagai salah satu rukun Islam yang membutuhkan stamina prima.

BPKH Hajj Run juga menjadi ajang edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan keuangan haji. BPKH berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya memulai perencanaan keuangan untuk berhaji sejak usia dini.

Program ini mendukung kampanye literasi keuangan haji dengan mendorong pendaftaran haji lebih awal, sehingga calon jamaah dapat mempersiapkan diri secara lebih baik, baik dari sisi finansial maupun fisik.

Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander menjelaskan, Hajj Run 2024 adalah salah satu inisiatif BPKH untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

"Hajj Run 2024 tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga merupakan sarana edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya fisik yang kuat dan pengelolaan keuangan haji yang tepat. Kami ingin mengajak generasi muda untuk memulai perencanaan haji sedini mungkin," kata Harry dalam konferensi pers BPKH Hajj Run 2024 di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Tahun lalu, Hajj Run 2023 berhasil menggaet lebih dari 2.000 peserta dari berbagai usia, yang antusias mengikuti kegiatan lari dengan misi mempromosikan gaya hidup sehat sekaligus kesadaran pentingnya mempersiapkan fisik untuk ibadah haji.

Kampanye Ayo Haji Muda yang dipromosikan selama acara, sukses mendorong peningkatan pendaftar haji muda hingga 15 dari tahun sebelumnya. "Kami bangga dengan hasil yang telah dicapai Hajj Run 2023, dan tahun ini kami berharap dapat meraih dampak yang lebih luas lagi. Hajj Run 2024 menjadi momentum penting untuk memperluas jangkauan kami dalam mempromosikan pentingnya kesiapan fisik dan finansial dalam menjalankan ibadah haji," jelas Harry.

Pada 2024, BPKH menargetkan peningkatan jumlah pendaftar haji dari kalangan muda, khususnya mereka yang berusia di bawah 30 tahun. Selain itu, kegiatan ini dirancang untuk memperkuat kolaborasi dengan mitra-mitra strategis, termasuk Kementerian BUMN, organisasi Islam, dan media.

Hajj Run 2024 diharapkan dapat memperkuat citra BPKH sebagai lembaga yang terpercaya dalam pengelolaan keuangan haji.

"Ini adalah bentuk komitmen BPKH untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan umat, serta mendukung program pengelolaan keuangan haji yang optimal," tambah Harry.

Topik Menarik