Pembunuh yang Gagal Tawarkan Hadiah Rp2,3 Miliar untuk Bunuh Trump

Pembunuh yang Gagal Tawarkan Hadiah Rp2,3 Miliar untuk Bunuh Trump

Global | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 19:45
share

Pria yang berencana membunuh calon presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meninggalkan sepucuk surat yang mendesak orang lain melakukan pembunuhan itu jika dia gagal, ungkap jaksa federal.

Ryan Wesley Routh (58) ditangkap pada 15 September setelah terlihat di dekat lapangan golf milik Trump di Florida.

Polisi menemukan senapan buatan Soviet, kamera GoPro, dan ransel dengan pelat baja di tempat persembunyiannya yang sementara.

“Ini adalah upaya pembunuhan terhadap Donald Trump, tetapi saya gagal. Saya sudah berusaha sebaik mungkin dan mengerahkan semua keberanian yang saya miliki. Sekarang terserah Anda untuk menyelesaikan pekerjaan ini; dan saya akan menawarkan USD150.000 (Rp2,3 miliar) kepada siapa pun yang dapat menyelesaikan pekerjaan ini,” ungkap catatan tulisan tangan yang diduga ditinggalkan Routh di dalam kotak di rumah seseorang.

Foto catatan itu disertakan dalam berkas pengadilan oleh jaksa AS untuk Distrik Selatan Florida, yang dipublikasikan pada Senin (23/9/2024).

Jaksa federal menyertakan catatan itu sebagai bukti Routh harus tetap di penjara sambil menunggu persidangan.

Menurut dokumen tersebut, Routh telah meninggalkan satu kotak di rumah seseorang yang tidak disebutkan namanya beberapa pekan sebelum dugaan percobaan pembunuhannya terhadap Trump.

Orang tersebut membuka kotak tersebut setelah penangkapan Routh dan memberi tahu pihak berwenang pekan lalu, menurut Departemen Kehakiman.

Selain catatan tulisan tangan, kotak tersebut berisi "amunisi, pipa logam, berbagai bahan bangunan, peralatan, empat telepon" dan beberapa surat lainnya.

Dokumen pengadilan tersebut juga mengungkapkan enam telepon seluler ditemukan di mobil Routh ketika dia ditangkap, termasuk satu telepon seluler dengan pencarian Google tentang cara bepergian dari Palm Beach County ke Meksiko. Menurut FBI, SUV Nissan tersebut memiliki pelat nomor palsu.

Bukti lain yang diduga ditemukan di dalam mobil tersebut termasuk daftar tempat-tempat di mana Trump dijadwalkan hadir dengan tanggal pada bulan Agustus, September, dan Oktober, serta buku catatan yang diduga "diisi dengan kritik terhadap pemerintah Rusia dan China serta catatan tentang cara bergabung dalam perang atas nama Ukraina," menurut New York Post.

Routh, penjahat yang dihukum, telah menghabiskan sebagian besar dari tiga tahun terakhir di Ukraina, dan mengklaim kepada berbagai media Barat bahwa dia sedang menggalang dana dan merekrut orang untuk upaya perang Kiev.

Meskipun muncul dalam beberapa laporan media tentang Ukraina, tidak ada yang menyebutkan catatan kriminalnya.

Senapan yang ditemukan di tempat persembunyiannya di klub golf Trump International di West Palm Beach adalah senapan semi-otomatis SKS, yang diisi dengan 11 peluru dan satu peluru lagi di dalam bilik. Nomor serinya "hilang dan tidak terbaca," menurut dokumen tersebut.

Trump nyaris lolos dari kematian hampir tepat dua bulan sebelumnya, pada tanggal 13 Juli di Butler, Pennsylvania.

Seorang pria berusia 20 tahun melepaskan sekitar delapan tembakan dari atap gedung saat kandidat Republik itu mengadakan rapat umum, melukai telinga Trump dan menewaskan satu penonton, sementara dua orang lainnya terluka parah.

Calon pembunuh, Thomas M. Crooks, dibunuh oleh Dinas Rahasia AS dan jasadnya segera dikremasi.

Akun media sosialnya telah dihapus dan FBI tidak memberikan informasi apa pun tentang motif atau koneksinya.Pengamat menilai ada yang ditutup-tutupi dalam kasus tersebut.

Baca juga: Hizbullah dan Iran Mengulur Waktu, Israel Sekarat Akibat Seribu Luka

Topik Menarik