Komitmen Hadirkan Seni Inklusi, Ganara Art Space Buka Cabang di Karawang

Komitmen Hadirkan Seni Inklusi, Ganara Art Space Buka Cabang di Karawang

Terkini | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 19:48
share

Kabar gembira bagi kamu penyuka pendidikan seni dan kebudayaan. Ganara Art, lembaga pendidikan seni budaya yang didirikan pendidik seni Tita Djumaryo membuka cabang terbaru di The Grand Outlet, East Jakarta Karawang, Jawa Barat, pada Jumat 20 September 2024.

Berdiri sejak 2013, Ganara Art telah hadir di beberapa lokasi, yakni Rumah Wijaya (Jakarta Selatan), Hublife Mall (Jakarta Barat), ASHTA District 8 (Jakarta Selatan), PIK Avenue (Jakarta Utara), Taman Mini (Jakarta Timur), Plaza Indonesia (Jakarta Pusat), FX Sudirman, dan Nipah Park (Makassar).

Founder dan CEO Ganara Art, Tita Djumaryo, saat pembukaan Instalasi Seni Futuristik di Ganara Art Space, The Grand Outlet, East Jakarta Karawang, mengatakan, pembukaan outlet Karawang menjadi penegasan komitmen menghadirkan seni yang inklusi atau “Art for Everyone”.

“Kami mempersembahkan Instalasi Seni Futuristik dan Aktivitas Seni Interaktif terbaru sebagai bagian dari upaya kami untuk memperluas akses seni rupa dan memperkenalkan pengalaman seni yang menginspirasi, mendidik, serta menghubungkan berbagai kalangan masyarakat,” kata Tita dalam keterangan resminya, Selasa (24/9/2924).

Baca juga:20 Jurusan S1 Bidang Seni Terbaik Indonesian Art and Humanities Institutional Subject Ranking 2025

Tita menuturkan, kerja sama Ganara Art Space dan The Grand Outlet, East Jakarta Karawang merupakan strategi untuk membuat seni lebih mudah diakses oleh berbagai lapisan masyarakat.

Dia berharap, Ganara Art Karawang dapat menjadi salah satu destinasi di Karawang dengan lingkungan yang ramah untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman dengan berbagai kegiatan kreatif yang ditawarkan.

Instalasi Seni Futuristik di Ganara Art Space Karawang mengangkat tema seperti "What Do You See Outside?" “What Do You See In Yourself?” dan “What Do People See In You?”. Melalui tema ini, masyarakat yang mengunjungi galeri seni tersebut diajak untuk merenungkan kembali identitas diri dan cara pandang terhadap dunia. Instalasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman seni yang tidak hanya unik, tetapi juga imersif dan mendalam.

Selain instalasi seni futuristik, Ganara Art Space Karawang juga menawarkan berbagai kegiatan seni seperti melukis di kain, kanvas, membuat kerajinan tangan, hingga membuat gerabah (pottery). "Tak hanya itu, kami juga mengadakan workshop menarik pada hari-hari besar, seperti Hari Batik Nasional hingga Hari Ibu," ungkap Tita.

Pengunjung The Grand Outlet, East Jakarta Karawang dapat menikmati instalasi seni secara gratis dengan menunjukkan struk belanja di tenant The Grand Outlet sebesar Rp50.000 per orang berlaku kelipatan di hari yang sama

General Manager The Grand Outlet, East Jakarta Karawang Yanti Oktaviani, berharap kehadiran instalasi seni Ganara Art semakin menguatkan posisinya sebagai destinasi yang menarik untuk berbagai kalangan masyarakat."Tidak hanya sebagai tempat berbelanja, tetapi juga sebagai ruang bagi pengunjung untuk merasakan langsung keindahan seni," harap Yanti.

Ganara Art Space terletak di lantai 2 The Grand Outlet, East Jakarta Karawang dan memiliki tiga ruang atau area Ganara Art. Dua ruangan itu merupakan instalasi seni. Di dalamnya terdapat sejumlah karya seni futuristik, unik, tetapi juga imersif dan mendalam, seperti kerajinan kertas berbentuk perahu besar, cermin harapan dan cita-cita hingga sejumlah karya seni lain. Satu area lagi merupakan tempat berbagai kegiatan seni seperti melukis di kain, kanvas, membuat kerajinan tangan, hingga membuat gerabah atau pottery. Dalam masa pembukaan, kata Tita, pihaknya menawarkan promo menarik seperti paket dua kegiatan seni pottery handbuilt dan painting on fabric seharga Rp80.000 berlaku selama bulan September 2024.

Menurut Tita, pihaknya juga menyediakan paket khusus bagi pengunjung yang datang dalam grup besar atau field trip.Ganara Art juga menyediakan instruktur yang dapat mengajarkan para pengunjung yang datang. "Ganara Art ini tidak hanya menyasar para generasi milenial atau Gen Z, namun juga keluarga yang memiliki anak untuk bisa mengajaknya menikmati karya seni dan mengasah kreativitas anak," jelas Tita.

Salah satu pengunjung, Fauziyah (19 tahun) menyambut baik kehadiran Ganara Art di Karawang ini. Menurutnya, Ganara Art ini memberi alternatif lain sebagai tempat nongkrong para pengunjung yang berbelanja di The Grand Outlet Karawang.

“Saya senang banget sih ada Ganara Art di Karawang, karena jujur cari tempat estetik, tempat seni kaya gini tuh enggak ada di Karawang. Tempat ini cocok buat me time, sama teman, pasangan maupun keluarga. Pokoknya bakal happy banget kalo dari sini dan puas,” ungkapnya.

Topik Menarik