AS Ketakutan! Ini Alasannya Mobil Listrik China Dilarang Masuk

AS Ketakutan! Ini Alasannya Mobil Listrik China Dilarang Masuk

Terkini | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 13:39
share

Amerika Serikat (AS) akan melakukan berbagai cara untuk melindung sektor otomotif dalam negerinya dari serbuan produk China. Pemerintahan Joe Biden khawatir jika serbuan itu tidak diantispasi maka akan mengancam sektor maufaktur seperti yang terjadi pada tahun 2000-an.

Penasihat ekonomi utama Gedung Putih Lael Brainard memaparkan pemerintahan Biden akan melakukan pendekatan untuk melindungi sektor otomotif AS dari tindakan perdagangan China yang tidak adil.

Baca Juga :Daya Beli Dolar AS Makin Terpuruk, Tersisa hanya 3 di 2024

"China membanjiri pasar global dengan gelombang ekspor mobil karena kelebihan kapasitas mereka sendiri. Kami melihat buku pedoman serupa dalam guncangan China pada awal tahun 2000-an yang merugikan komunitas manufaktur kami, dan pemerintahan ini bertekad bahwa kami tidak akan melihat guncangan China kedua," kata Brainard kepada Detroit Economic Club.

"Itu berarti menerapkan perlindungan sekarang sebelum banjir mobil yang tidak adil dan berharga murah melemahkan kemampuan sektor otomotif AS untuk bersaing secara adil di panggung global," tambahnya di acara Detroit.

Dilansir dari Channelnewsasia, ada beberapa langkah yang dilakukan Pemrintahan AS untuk membendung mobil China masuk ke negaranya.

Pada Senin (24/9), Departemen Perdagangan AS mengusulkan pelarangan perangkat lunak dan perangkat keras utama China pada kendaraan yang terhubung di jalan raya Amerika karena masalah keamanan nasional. Langkah dinilai efektif karena akan melarang hampir semua mobil China memasuki pasar AS.

"Orang Amerika harus mengendarai mobil apa pun yang mereka pilih – baik bertenaga gas, hibrida, atau listrik. Namun, jika mereka memilih untuk mengendarai EV, kami ingin memastikan mobil itu dibuat di Amerika, dan bukan di China." ujar Brainard

Selain itu, pada awal bulan ini, Pemerintahan Biden memberlakukan kenaikan tarif yang tajam pada impor China, termasuk bea masuk 100 persen pada kendaraan listrik. Tentunya kebijakan ini untuk meningkatkan perlindungan bagi industri strategis dari praktik industri yang dilakukan oleh China.

Tak hanya itu, Gedung Puting juga menjalin kerja sama dengan Mesiko dan Kanada agar melarang China untuk membangun pabrik. AS menilai pembangunan pabrik di kedua negara itu untuk menghindari tarif tinggi.

Baca Juga : Kabar dari AS dan Timur Tengah Mengangkat Emas ke Rekor Tertinggi

"Kita perlu bekerja sama dengan mitra kita Kanada dan Meksiko, untuk mengatasi kelebihan kapasitas China dalam kendaraan listrik saat kita melihat tinjauan jangka menengah USMCA pada tahun 2026," kata Brainard tentang perjanjian perdagangan AS-Meksiko-Kanada.

Brainard mengatakan pejabat AS sudah berunding dengan pejabat Meksiko dan Kanada. Keduanya memiliki kekhawatiran yang sama dengan AS tentang China yang menggunakan Meksiko sebagai platform untuk mengirim ke AS dengan harga yang sangat rendah.

Ketika ditanya tentang kemungkinan produsen mobil China membangun pabrik di AS, Brainard mengatakan itu akan terjadi dengan serangkaian perlindungan yang sedang kita terapkan sekarang sebelum kita menghadapi masalah ini.

Topik Menarik