11 Film Perang Dunia II Terbaik Menurut Anggota Militer dan Veteran, Nomor Terakhir Sukses Besar

11 Film Perang Dunia II Terbaik Menurut Anggota Militer dan Veteran, Nomor Terakhir Sukses Besar

Gaya Hidup | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 10:49
share

Ada banyak film bertema Perang Dunia II yang pernah dibuat oleh sineas internasional dalam hampir 80 tahun terakhir ini. Beberapa dari film tersebut bahkan mampu mencetak kesuksesan dan masuk box office Hollywood.

Itu artinya, penonton sangat menyukainya. Lantas, bagaimana dengan para anggota militer dan veteran sendiri, di mana mungkin mereka ada yang mengalami peristiwa perang tersebut?

Melansir laman Military.com, tercatat ada sejumlah film yang dianggap terbaik oleh para tentara maupun veteran. Film tersebut dibuat dalam kurun waktu yang bervariasi, bahkan ada yang diproduksi pada era '40-an alias ketika Perang Dunia II belum lama usai.

Baca Juga: 10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah

Berikut sederet film Perang Dunia II terbaik menurut para anggota militer dan veteran.

Film Perang Dunia II Terbaik Menurut Anggota Militer dan Veteran

1. A Bridge Too Far (1977)

 

IMDb

Mengangkat kisah fiksi tentang Operation Market Garden yang gagal dari sudut pandang sekutu, A Bridge Too Far merupakan film bertabur bintang. Aktor-aktor besar seperti Robert Redford, Sean Connery, Edward Fox, James Caan, Gene Hackman, Laurence Olivier, dan Anthony Hopkins ikut bermain dalam film ini.

A Bridge Too Far pernah memenangkan sejumlah penghargaan dari industri film Inggris, tetapi mendapat tanggapan yang kurang baik dari para kritikus. Meski demikian, bagi anggota militer, ini film yang bagus dan wajib ditonton.

2. A Walk in the Sun (1945)

A Walk in the Sun merupakan film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Harry Brown. Dibintangi oleh Dana Andrews, film ini menceritakan kisah sekelompok tentara Texas yang menjadi orang pertama yang menyerang Italia melalui Salerno.

Film ini dibuat kurang dari dua tahun setelah invasi di kehidupan nyata dan menghadapi kendala masa perang selama produksi, termasuk kekurangan dan permintaan perubahan dari Angkatan Darat AS. Pada 2016, film ini dimasukkan dalam Library of Congress' National Film Registry atau Daftar Film Nasional di Perpustakaan Kongres.

3. Battle of Britain (1969)

 

IMDb

Dibintangi oleh Michael Caine, Robert Shaw, dan Christopher Plummer, Battle of Britain adalah film Inggris yang menceritakan kisah fiksi tahun 1940-an saat serangan kilat melintasi Inggris.

Meskipun Battle of Britain menjadi nomor 1 di Inggris selama 14 minggu, namun film ini ditayangkan perdana dengan tinjauan yang beragam di negara asalnya dan di Amerika Serikat. Kemungkinan besar karena sentimen antiperang pada saat itu.

Menariknya, peran cameo Caine di film Dunkirk hampir 50 tahun kemudian mencerminkan perannya sebagai Pemimpin Skuadron Canfield dalam Battle of Britain.

Baca Juga: 5 Film Perang Negara Arab dan Israel, Ada yang Mendapat Penghargaan

4. Battle of the Bulge (1965)

Tayang perdana pada peringatan 21 tahun Pertempuran Bulge yang bersejarah, film eponymous ini menceritakan kisah fiktif pilot Letkol Daniel Kiley yang diperankan oleh Henry Fonda.

Kiley mendapati dirinya terkunci dalam pertempuran pribadi dengan seorang perwira Jerman saat pertempuran yang lebih besar berlangsung. Membanggakan pemeran yang besar dan terkenal, film ini dikritik karena ketidakakuratan sejarahnya, termasuk oleh mantan Komandan Tertinggi Sekutu Dwight D. Eisenhower, yang keluar dari masa pensiunnya untuk membuat pernyataan publik.

5. Battleground (1949)

 

IMDb

Ricardo Montalban, Van Johnson, George Murphy, dan John Hodiak adalah prajurit Angkatan Darat di Lintas Udara ke-101 yang menemukan diri mereka terjebak di Bastogne selama Pertempuran Bulge. Saat dirilis, Battleground adalah film MGM tersukses dalam setengah dekade dan memenangkan dua Oscar serta dua Golden Globes.

6. Casablanca (1942)

Humphrey Bogart dan Ingrid Bergman membintangi Casablanca, sebuah film perang yang mengandung banyak kisah seperti cinta segitiga, penipuan, pengorbanan, patriotisme, kehilangan koneksi, dan kesetiaan.

Di ajang Academy Awards beberapa tahun silam, film ini pernah dinominasikan untuk delapan Oscar dan memenangkan tiga di antaranya untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Skenario Terbaik. Casablanca juga sukses besar di box office dan mendapat pujian kritis selama lebih dari 80 tahun.

7. Das Boot (1981)

Das Boot merupakan film non bahasa Inggris satu-satunya dalam daftar ini. Film produksi Jerman tersebut merupakan adaptasi dari novel Lothar-Gunther Buchheim berjudul sama, yang banyak mengambil kisah dari pengalamannya sendiri saat menaiki U-boat selama Perang Dunia II.

Film ini menceritakan pengalaman Lt. Werner, seorang jurnalis yang ditugaskan di U-96, sebuah kapal selam yang diawaki oleh awak yang lelah berperang. Seiring waktu, Das Boot telah dirilis dalam lima potongan berbeda, termasuk satu potongan yang sesuai dengan film tersebut ke dalam miniseri BBC.

Film ini pernah menerima enam nominasi Oscar dan satu nominasi Golden Globe.

8. Fury (2014)

 

IMDb

Fury adalah gambaran yang tak tergoyahkan tentang dampak perang terhadap sekelompok kapal tanker yang selamat dari medan perang Eropa, hanya untuk berjuang demi hidup mereka di negara Jerman yang sedang runtuh.

Dibintangi oleh Brad Pitt sebagai komandan tank M4 Sherman yang kalah dalam persenjataan, film ini ditulis, diproduksi, dan disutradarai oleh David Ayer, yang terinspirasi oleh pengabdian serta pengorbanan anggota keluarga veteran.

Meskipun pembuatan film dilakukan tujuh dekade setelah perang, tank Tiger dan Sherman asli digunakan selama produksi. Fury menunjukkan kengerian perang dengan cara yang tidak sehalus biasanya.

Baca Juga: 7 Film Drama Perang Dunia Berbasis Kisah Nyata Terbaik

9. Greyhound (2020)

 

IMDb

Film "terbaru" yang masuk dalam daftar ini, Greyhound, dirilis selama lockdown COVID di Apple TV+, bukan di bioskop, seperti yang direncanakan semula. Meskipun dirilis secara tidak biasa, film ini diterima dengan baik dan dinominasikan dalam ajang Oscar untuk kategori Tata Suara Terbaik.

Tom Hanks menulis skenarionya, yang merupakan adaptasi dari The Good Shepherd karya C.S. Forester, dan berperan sebagai komandan Angkatan Laut AS yang melindungi konvoi kapal pasokan serta pasukan yang melintasi perairan Atlantik Utara yang dipenuhi U-boat.

10. Hacksaw Ridge

 

IMDb

Andrew Garfield berperan sebagai Desmond Doss, tentara pertama yang bertindak sebagai penentang kekerasan perang karena alasan hati nurani yang dianugerahi Medal of Honor.

Hacksaw Ridge mengikuti kisah Doss dari masa kecilnya hingga pendaftarannya sebagai petugas medis, lalu ke medan perang di Okinawa. Meskipun butuh lebih dari satu dekade agar film ini berhasil dirilis, Hacksaw Ridge akhirnya mengumpulkan banyak penghargaan, termasuk dua Oscar.

11. Pearl Harbor (2001)

Pearl Harbor merupakan film blockbuster karya Michael Bay dan Jerry Bruckheimer. Film ini sukses besar dengan menghasilkan pemasukan lebih dari USD450 juta atau sekitar Rp6,8 triliun di seluruh dunia.

Pearl Harbor menceritakan kisah cinta segitiga militer yang ditakdirkan dari awal keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Dunia II hingga akhir. Film ini menampilkan Kate Beckinsale, Ben Affleck, dan Josh Hartnett bersama aktor terkenal lainnya termasuk Cuba Gooding Jr., Jon Voight, dan Alec Baldwin.

Meski Pearl Harbor mendapatkan empat nominasi Oscar dan memenangkan kategori Pengeditan Suara Terbaik, Rolling Stone pernah menyebut bahwa masuknya Michael Bay ke dalam film tersebut sebagai salah satu keputusan terburuk dalam sejarah perfilman.

Topik Menarik