Apakah Ikhwanul Muslimin Mesir Membela Palestina?

Apakah Ikhwanul Muslimin Mesir Membela Palestina?

Global | sindonews | Sabtu, 21 September 2024 - 20:01
share

Beberapa bulan sebelum wafatnya Syaikh ‘Izz-Id-Din al-Qassam, yang dianggap Hamas sebagai pendahulunya, dari tanggal 3 hingga 6 Agustus 1935, delegasi Ikhwanul Muslimin (IM) Mesir telah mengunjungi Palestina untuk pertama kalinya, meskipun kontak telah terjalin sebelumnya.

Pada saat itu, isu Palestina sudah menjadi hal yang sangat penting bagi Ikhwanul Muslimin. Kaum nasionalis Mesir memandang isu Palestina terutama dari perspektif geopolitik karena negara Yahudi di Palestina akan menjadi ancaman permanen bagi Mesir.

Namun, Pendiri Ikhwanul Muslimin Hassan al-Banna dan rekan-rekannya melihatnya sebagai isu agama yang besar.

Bagi mereka, ini adalah "benturan peradaban" yang sesungguhnya, dengan nuansa apokaliptik yang samar-samar, antara Muslim di satu sisi dan Yahudi serta sekutu Kristen mereka di sisi lain.

Palestina bukan hanya salah satu dari sekian banyak isu yang menjadi perhatian Ikhwanul Muslimin pada tahun 1930-an dan 1940-an.

Itulah isu mendasar yang digunakan al-Banna untuk menuntun para pengikutnya memahami dimensi supranasional umat, mengubah gerakan yang lahir dengan cakrawala Mesir yang terbatas menjadi realitas Islam global.

Di satu sisi, Ikhwanul Muslimin mengutamakan masalah Palestina daripada masalah Mesir, sehingga kehilangan sejumlah anggota Mesir.

Di sisi lain, mereka memiliki kesempatan untuk membedakan diri mereka dengan jelas dari nasionalisme Mesir.

Propaganda yang mendukung perjuangan Palestina merupakan dasar keberhasilan internasional gerakan tersebut pada tahun 1935–1945, yang tidak mungkin dapat dicapai secepat itu jika tidak demikian.

Akhirnya, karena masalah Palestina, meski awalnya masalah dalam negeri Mesir, Ikhwanul Muslimin secara bertahap mengubah organisasi pemudanya menjadi badan militer rahasia.

Bagi Ikhwanul Muslimin, masalah Palestina memainkan peran penting baik dalam perkembangannya di Mesir maupun dalam perluasannya ke banyak negara.

Salah satu hasil dari minat ini adalah berdirinya cabang gerakan Palestina. Para relawan yang direkrut Ikhwanul Muslimin di Mesir dan di tempat lain turut serta dalam pemberontakan tahun 1936–1939 dan perang tahun 1948.

Jumlah tersebut jauh lebih sedikit daripada sepuluh ribu yang disebutkan Hassan al-Banna dalam pidatonya di Kairo pada 14 Desember 1947, atau 1.500 orang yang lebih sedikit yang dibanggakan pada tahun 1948 selama kunjungan al-Banna yang sama ke Palestina.

Jumlahnya lebih mungkin sekitar seribu orang. Akan tetapi, para relawan Ikhwanul Muslimin benar-benar populer di Palestina dan akan memperoleh status mistis di kemudian hari di antara para pengikut Hamas.

Setelah berdirinya kelompok-kelompok Suriah dan Lebanon pada tahun 1937, cabang-cabang Ikhwanul Muslimin di Palestina dan Transyordania didirikan pada tahun 1945 melalui kerja Said Ramadan (1926–1995) yang saat itu berusia 20 tahun.

Said adalah menantu Hassan al-Banna dan ayah dari para intelektual Islam yang sekarang terkenal, Hani dan Tarik Ramadan.

Kegiatan Said Ramadan sangat sukses: dalam satu tahun, dari 1945 hingga 1946, dia mengumpulkan lima belas ribu anggota Ikhwanul Muslimin di Palestina.

Pada tahun 1947, jumlahnya melebihi dua puluh ribu. Mengingat urgensi saat itu, mobilisasi ini terutama diterjemahkan ke dalam persiapan untuk perjuangan bersenjata, di mana Ikhwanul Palestina berpartisipasi bersama dengan para relawan yang dikirim oleh cabang-cabang Ikhwanul Muslimin di luar negeri.

Mereka membedakan diri mereka dengan sikap mereka yang tidak kenal kompromi dan penolakan terhadap penyelesaian damai apa pun atas masalah Palestina.

Pada tanggal 8 Desember 1948, pemerintah Mesir melarang Ikhwanul Muslimin. Pada tanggal 12 Februari 1949, Hassan al-Banna dibunuh saat dia meninggalkan markas besar Asosiasi Pemuda Muslim di Kairo.

Para pembunuh tidak pernah diidentifikasi. Sebagai akibat dari peristiwa-peristiwa ini, Ikhwanul Muslimin di Jalur Gaza, warga negara Mesir, menghadapi risiko penangkapan, meskipun tentara Mesir enggan untuk mencabut kerja sama mereka.

Faktanya, Ikhwanul Muslimin masih bekerja sama dengan mereka setelah Ikhwanul Muslimin dilarang di Mesir pada Desember 1948.

Bahkan setelah gencatan senjata antara Mesir dan Israel pada tanggal 24 Februari 1949, yang oleh Ikhwanul Muslimin Mesir yang sekarang bersifat rahasia dikecam sebagai pengkhianatan, otoritas administratif di Gaza menoleransi kehadiran kelompok yang dianggap patriotik dan siap dimobilisasi untuk mempertahankan perbatasan.

Ikhwanul Muslimin Gaza yang secara resmi dilarang terus ada dengan bersembunyi di balik organisasi yang menyatakan dirinya hanya bersifat keagamaan dan pendidikan, Jamiat al-Tawhid (“Masyarakat Tauhid”).

Di Tepi Barat, yang telah dianeksasi ke Yordania sejak tahun 1950, jumlah Ikhwanul Muslimin lebih sedikit daripada di Gaza.

Akan tetapi, mereka adalah anggota asosiasi yang, tidak seperti Mesir, dianggap sah oleh pemerintah Yordania dan memang telah diakui secara resmi.

Faktanya, hingga wafatnya Raja Hussein (1935–1999) pada tahun 1999, Ikhwanul Muslimin, di tengah pasang surut, memainkan peran sebagai “oposisi setia” terhadap monarki Hashemite di Yordania.

Ikhwanul Muslimin lebih mengutamakan Islamisasi "dari bawah" daripada pemberontakan bersenjata.

Terkait isu Palestina, Ikhwanul Muslimin di Tepi Barat akan selalu berada dalam posisi yang agak subordinat dibandingkan dengan mitranya di Jalur Gaza, terutama setelah pemimpin Ikhwanul Muslimin Palestina yang tak terbantahkan, Syaikh Yassin, muncul dari jajaran Ikhwanul Muslimin pada tahun 1950-an.

Ahmad Is'mail Yassin (1936–2004), jangan disamakan dengan politisi Maroko dan pemimpin Sufi Abd as-Salam Yassin (1928–2012), lahir di al-Jura, desa dekat Ashkelon di Jalur Gaza, pada tahun 1936.

Pada usia empat belas tahun, dia mengalami kecelakaan serius saat bermain sepak bola yang membuatnya setengah lumpuh.

Kecelakaan itu akan memaksanya bergerak di kursi roda selama sisa hidupnya. Saat masih duduk di bangku SMA, dia bergabung dengan Ikhwanul Muslimin yang semi-rahasia pada tahun 1955. Sejak tahun 1958, dia bekerja sebagai guru di Gaza.

Pada tahun 1955-1958, Ikhwanul Muslimin di Gaza terlibat dalam berbagai kegiatan politik-militer yang menonjol, mulai dari pemboikotan rencana Mesir untuk memindahkan pengungsi Palestina dari Gaza ke Semenanjung Sinai pada tahun 1955 hingga perjuangan bersenjata anti-Israel selama empat bulan pendudukan pada pergantian tahun 1956-1957 melalui sel-sel militer rahasia Shabab al-Tha’r (“Pemuda Pembalasan”) dan Katibat al-Haq (“Batalyon Keadilan”).

Kegiatan militer ini juga menjadi asal mula perpecahan dalam Ikhwanul Muslimin Palestina.

Di Mesir, Presiden Gamal Abdel Nasser (1918–1970), yang juga pernah menjadi anggota Ikhwanul Muslimin di masa mudanya, melarangnya lagi pada tahun 1954 sebagai bagian dari bentrokan antara kaum nasionalis dan fundamentalis yang merupakan ciri khas negara-negara Timur Tengah yang baru merdeka.

Ikhwanul Muslimin, yang dipimpin ahli teori radikal Sayyid Qutb (1906-1966), menanggapinya dengan serangan, yang pada gilirannya menyebabkan tindakan keras pemerintah.

Dua garis muncul di antara Ikhwanul Muslimin Palestina sebagai akibat dari peristiwa-peristiwa ini.

Yang pertama mengantisipasi apa yang akan menjadi posisi Ikhwanul Muslimin di Mesir setelah eksekusi Qutb pada tahun 1966.

Mereka membayangkan langkah mundur dari perjuangan bersenjata untuk pembentukan masyarakat berbasis syariah, dan perjalanan panjang yang seharusnya dengan sabar mengislamkan masyarakat melalui kebangkitan agama dan penciptaan lembaga-lembaga Islam di bidang budaya, pendidikan, dan ekonomi.

Inilah garis yang disebut sosiolog Italia Renzo Guolo sebagai “neo-tradisionalis,” atau “Islamisasi dari bawah,” yang membedakannya dari posisi fundamentalis “radikal” yang menganjurkan “Islamisasi dari atas” melalui perjuangan bersenjata, kudeta, dan kekerasan.

Sementara sayap neo-tradisionalis Ikhwanul Muslimin hadir di Palestina dan kuat di Tepi Barat, sayap radikal menang di Gaza.

Akan tetapi, sayap ini menyerukan penundaan perjuangan eksplisit untuk menegakkan syariat hingga waktu berikutnya dan memfokuskan upayanya saat ini pada perjuangan bersenjata melawan Israel.

Dalam memorandum tertanggal Juli 1957, Pemimpin Palestina Ikhwanul Muslimin Khalil al-Wazir, yang kemudian dikenal dengan nama samaran Abu Jihad (1935–1988), mengusulkan untuk memecah struktur Ikhwanul Muslimin di Palestina, dengan menciptakan “organisasi khusus paralel yang tidak akan memiliki corak atau program Islam yang terlihat, tetapi akan menyatakan sebagai satu-satunya tujuan pembebasan Palestina melalui perjuangan bersenjata.”

Para pendukung memorandum al-Wazir (termasuk semua anggota organisasi bersenjata rahasia Batalyon Keadilan dan sebagian besar anggota sel militer Ikhwanul Muslimin lainnya, Pemuda untuk Pembalasan) antara tahun 1958 dan 1959 membentuk Fatah ("Penaklukan," tetapi juga inisial, dibaca dari kanan ke kiri, dari "Gerakan Nasional untuk Pembebasan Palestina").

Fatah akhirnya menjadi komponen terbesar Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang didirikan dengan dukungan Mesir pada tahun 1964.

Ketika mereka mulai menganggap pewaris langsung Ikhwanul Muslimin, yaitu Hamas, sebagai saingan, para pemimpin PLO mencoba menyembunyikan kerja sama masa lalu mereka dan bahkan keanggotaan dalam organisasi yang didirikan oleh Hassan al-Banna.

Misalnya, Salah Khalaf (Abu Iyab, 1933-1991), salah satu pemimpin PLO yang paling menonjol pada tahun 1980-an, menyatakan pada tahun 1981 bahwa dia tidak pernah menjadi anggota Ikhwanul Muslimin.

Pernyataan itu langsung dibantah beberapa kawan yang turut serta bersamanya dalam pendirian Fatah.

Di sisi lain, klaim Pemimpin PLO Yasser Arafat (1929–2004) bahwa dia tidak pernah menjadi anggota Ikhwanul Muslimin lebih dapat dipercaya.

Di masa kuliahnya, dia bergabung dengan Liga Mahasiswa Palestina, yang didirikan di antara para mahasiswa yang berasal dari Palestina di universitas-universitas Mesir dengan dukungan Ikhwanul Muslimin, tetapi tidak secara resmi menjadi bagian dari gerakan tersebut.

Kemudian, dia pada berbagai waktu menjadi sekutu sekaligus saingan Ikhwanul Muslimin.

Baca juga: DPR AS Sahkan RUU untuk Beri Label Produk Permukiman Ilegal sebagai Buatan Israel

Topik Menarik