Profil Ryan Wesley Routh, Pelaku Upaya Penembakan Donald Trump di Florida pada September

Profil Ryan Wesley Routh, Pelaku Upaya Penembakan Donald Trump di Florida pada September

Global | sindonews | Sabtu, 21 September 2024 - 19:15
share

Pria yang ditangkap terkait dengan apa yang disebut FBI sebagai percobaan pembunuhan terhadap mantan Presiden Donald Trump memiliki catatan kriminal yang panjang. Tak hanya itu, baru-baru ini dia terobsesi dengan politik global, khususnya perang Rusia di Ukraina.

Tersangka, yang diidentifikasi pejabat setempat sebagai Ryan Wesley Routh, ditahan pada Minggu sore di Interstate 95 dekat West Palm Beach, Florida, setelah apa yang menurut pihak berwenang kemungkinan merupakan upaya pembunuhan terhadap Trump di klub golfnya. Ini akan menjadi serangan kedua terhadap Trump dalam sembilan pekan terakhir.

Secret Service mengatakan seorang agen yang ditempatkan satu lubang di depan Trump di Trump International Golf Club West Palm Beach melihat senapan mencuat dari pagar.

Tersangka yang memegang senapan itu bersembunyi di semak-semak sekitar 300 hingga 500 yard dari calon presiden dari Partai Republik itu.

Agen itu melepaskan tembakan ke Routh, tetapi Routh kabur dengan Nissan hitam, yang ditemukan oleh pihak berwenang di jalan raya beberapa saat kemudian, berkat informasi dari saksi mata.

Dia meninggalkan senapan yang terisi peluru beserta teropong dan kamera digital, ransel, dan kantong plastik berisi makanan, menurut pengaduan pidana yang dibuka.

“Routh tidak menembakkan senjatanya dan tidak melihat Trump dalam garis pandangnya," ungkap penjabat direktur Secret Service Ronald Rowe.

Pengaduan tersebut mengutip data telepon seluler yang menunjukkan Routh telah "berada di sekitar" lapangan golf selama sekitar 12 jam, dari pukul 01.59 ET hingga sekitar pukul 01.31 ET, ketika agen tersebut melihat senapan melalui pagar.

Pihak berwenang mengatakan tidak jelas berapa lama Routh, penduduk lama North Carolina yang terakhir tinggal di Hawaii, telah berada di Florida. Mereka yakin dia bertindak sendiri.

Routh telah didakwa atas kepemilikan senjata api sebagai penjahat dan kepemilikan senjata api dengan nomor seri yang dihapus.

Dalam penampilan pertamanya di ruang sidang federal West Palm Beach pada Senin pagi, Routh mengenakan pakaian penjara biru tua dan belenggu.

Dia tampak tenang dan penuh hormat serta bersemangat. Ia terlihat tertawa beberapa kali bersama pembela umum federalnya.

Hakim memberi tahu Routh bahwa dia memenuhi syarat untuk pembela umum federal karena "Anda memiliki sedikit atau tidak memiliki aset."

Routh mengatakan dia tidak memiliki dana dan tabungan, dan ia melaporkan penghasilan sebesar USD3.000 sepekan tetapi tidak menyebutkan sumbernya.

Dia mengaku memiliki dua truk di Hawaii dan membantu menghidupi putranya yang berusia 25 tahun.

Routh akan tetap ditahan hingga dakwaan pada tanggal 30 September.

Catatan publik, buku yang diterbitkan sendiri, dan wawancara sebelumnya telah menggambarkan pria berusia 58 tahun itu sebagai pendukung yang berubah menjadi pengkritik Trump.

Dia bersemangat membela Ukraina dalam perangnya dengan Rusia dan bahkan bepergian ke sana dengan harapan untuk ikut berperang.

Berikut ini adalah hal-hal yang diketahui tentangnya sejauh ini.

Punya Banyak Catatan Kriminal

Routh menghabiskan sebagian besar masa dewasanya di North Carolina, sebelum pindah ke Hawaii dalam beberapa tahun terakhir.

Halaman LinkedIn-nya mengatakan dia menempuh pendidikan teknik mesin di North Carolina Agricultural and Technical State University dari tahun 1995 hingga 1998.

Namun, universitas tersebut memberi tahu NPR melalui email bahwa Routh hanya "menghadiri dua semester hampir 30 tahun yang lalu."

"Ia tidak memperoleh gelar dari universitas tersebut, dan terakhir kali terdaftar pada bulan Desember 1995," tulis direktur hubungan media Jackie Torok.

Routh dipuji sebagai "warga negara super jika bukan pahlawan super" oleh Greensboro News & Record pada tahun 1991 setelah dia melawan seorang tersangka pemerkosa dan membantu penangkapannya yang membuatnya memperoleh "Oscar Penegakan Hukum" berbentuk Academy Award dari cabang Greensboro dari International Union of Police Association.

Namun, catatan dari Departemen Pemasyarakatan Orang Dewasa North Carolina menunjukkan Routh memiliki sejarah panjang dalam berurusan dengan hukum, termasuk hukuman pada tahun 2002 atas tuduhan kejahatan memiliki senjata pemusnah massal.

Satu cerita pada Desember 2002 di Greensboro News & Record mengisahkan insiden di mana Routh diberhentikan saat sedang melakukan pemeriksaan lalu lintas pada suatu Minggu malam.

Dia "meletakkan tangannya di atas senjata api" dan pergi ke tempat usahanya yang bergerak di bidang atap, di mana dia mengurung diri di dalam selama tiga jam.

Dakwaan atas senjata pemusnah massal tersebut berkaitan dengan "senjata mesin otomatis penuh," demikian laporan surat kabar tersebut.

Jeffrey Veltry, agen khusus yang bertanggung jawab atas kantor FBI di Miami, mengatakan kepada wartawan bahwa Routh telah menjadi subjek dari satu informasi rahasia pada 2019 yang diberikan kepada FBI yang menuduhnya sebagai seorang penjahat yang memiliki senjata api.

Dia mengatakan agensi tersebut menyelidiki informasi rahasia tersebut, tetapi orang yang diduga membuat pengaduan tersebut tidak dapat memverifikasi informasi awal yang diberikan.

Routh didakwa dengan beberapa pelanggaran ringan dan kejahatan lainnya antara tahun 2001 dan 2010, termasuk pelanggaran tabrak lari, membawa senjata tersembunyi, dan memiliki barang curian.

Secara terpisah, catatan pengadilan North Carolina mencantumkan Routh sebagai terdakwa dalam lebih dari setengah lusin kasus pengadilan antara tahun 1991 dan 2016, termasuk tunggakan pajak dan cek kosong.

Routh menulis di halaman LinkedIn-nya bahwa dia telah "mewariskan sisa-sisa diriku yang sedikit di North Carolina dan pindah ke Oahu."

Dia telah tinggal dan bekerja di Hawaii sejak 2018, menurut Honolulu Star-Advertiser, yang mengutip catatan publik.

Makalah tersebut mengutip "sumber penegak hukum" yang mengatakan polisi Honolulu memiliki catatan empat interaksi dengan Routh: dua pada tahun 2019 termasuk insiden di mana ia dan dua orang lainnya diduga menempati properti dan dua lainnya pada tahun 2021, ketika Routh melaporkan diserang oleh seorang warga yang rumahnya dia kerjakan sebagai tukang.

Routh menggambarkan dirinya sebagai pemilik Camp Box Honolulu, perusahaan yang membangun unit penyimpanan portabel dan rumah mungil.

"Kita tidak bisa berdiam diri, seperti yang dialami beberapa teman dan tetangga di sekitar kita, ketika kita sendiri cukup pintar untuk menciptakan solusi kita sendiri untuk masalah kita sendiri," tulis situs web perusahaan tersebut.

"Dengan menggunakan akal sehat dan kecerdikan Amerika serta sumber daya yang kita miliki, bersama-sama kita dapat menciptakan tempat bahagia kita sendiri," papar dia.

Pernah Dukung Trump tetapi Baru-baru IniSumbang Demokrat

Catatan pemungutan suara North Carolina mencantumkan Routh sebagai tidak berafiliasi dengan partai mana pun, meskipun mereka juga menunjukkan dia memberikan suara secara langsung dalam pemilihan pendahuluan Demokrat pada Maret 2024.

Dia juga tercatat telah memberikan suara dalam pemilihan umum pada tahun 2008 dan 2012, serta pemilihan kota pada tahun 2009.

Routh memiliki riwayat menyumbang untuk tujuan politik, sebagaimana ditunjukkan catatan Komisi Pemilihan Umum Federal.

Dia menyumbang ke platform penggalangan dana Demokrat ActBlue hampir 20 kali dalam jumlah mulai dari USD1 hingga USD25 antara September 2019 dan Maret 2020.

Dalam buku yang diterbitkan sendiri pada tahun 2023, Routh merujuk pada dukungannya sebelumnya untuk Trump, dengan menulis dia harus menanggung sebagian kesalahan karena memilih Trump sebagai presiden, "tetapi saya cukup jantan untuk mengatakan saya salah menilai dan membuat kesalahan besar."

Dalam buku tersebut, dia menyebut pemberontakan Capitol pada tanggal 6 Januari 2021 sebagai "malapetaka … yang dilakukan Donald Trump dan gerombolannya yang tidak demokratis."

Buku setebal 291 halaman karya Routh, Ukraine's Unwinnable War: The Fatal Flaw of Democracy, World Abandonment, and the Global Citizen—Taiwan, Afghanistan, North Korea, WWIII and the End of Humanity, membahas topik yang tampaknya telah menyita perhatian Routh dalam beberapa tahun terakhir.

Pendukung Setia Pertahanan Ukraina

Routh telah menyatakan dukungan kuatnya untuk Ukraina setelah invasi besar-besaran Rusia pada awal tahun 2022, dan dia memiliki misi membawa orang asing termasuk dirinya ke garis depan.

Tujuannya adalah untuk "memperjuangkan kebebasan dan hak asasi manusia," tulis dia dalam bukunya.

Routh melakukan perjalanan ke ibu kota Ukraina, Kiev, tahun itu tetapi diberi tahu, mengingat usianya dan kurangnya pengalaman militer, bahwa ia "bukan kandidat yang ideal," seperti yang dia katakan kepada Newsweek Romania pada 2022.

"Jadi, rencana B adalah datang ke Kiev dan mempromosikan untuk mendatangkan lebih banyak orang ke sini," ujar dia.

Sejak saat itu, dia menggunakan media sosial untuk mendorong dan mencoba merekrut orang asing untuk bertempur di Ukraina, dan dia telah berbicara tentang upaya tersebut dalam wawancara media.

Routh mengatakan kepada The New York Times pada Maret 2023 bahwa dia sedang mencari rekrutan di antara tentara Afghanistan yang melarikan diri dari Taliban, dengan tujuan membeli paspor melalui Pakistan ("karena negara itu sangat korup") dan memindahkan mereka, dalam beberapa kasus secara ilegal, ke Ukraina dari Pakistan dan Iran.

The Times menggambarkan Routh sebagai "mantan pekerja konstruksi dari Greensboro N.C. … yang menghabiskan beberapa bulan di Ukraina tahun lalu."

Pada bulan yang sama, dia mengeluh kepada Semafor tentang kurangnya dukungan dari pemerintah Ukraina, dengan mengatakan pemerintah terlalu kaku dalam menerima tentara asing, terutama dari Afghanistan, karena khawatir mereka mungkin mata-mata Rusia.

"Saya telah bertemu dengan mitra )Kementerian Pertahanan Ukraina) setiap pekan dan masih belum berhasil membuat mereka setuju untuk mengeluarkan satu visa pun," ujar Routh, yang diidentifikasi oleh Semafor sebagai kepala Pusat Relawan Internasional di Ukraina, "sebuah organisasi swasta yang membantu orang asing yang ingin membantu upaya perang untuk terhubung dengan unit militer dan kelompok bantuan."

Seorang perwakilan dari legiun asing Ukraina mengatakan kepada CNN bahwa Routh telah menghubunginya beberapa kali secara daring tetapi "tidak pernah menjadi bagian dari legiun tersebut dan tidak bekerja sama dengan kami dengan cara apa pun."

"Cara terbaik untuk menggambarkan pesannya adalah ide-ide delusi," ujar Oleksandr Shaguri, perwira dari Departemen Koordinasi Orang Asing di Komando Angkatan Darat.

Shaguri menjelaskan, "Dia menawarkan kepada kami sejumlah besar rekrutan dari berbagai negara, tetapi jelas bagi kami bahwa tawarannya tidak realistis. Kami bahkan tidak menjawab, tidak ada yang perlu dijawab."

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengutuk upaya pembunuhan yang tampaknya dilakukan terhadap Trump dalam posting X, dengan mengatakan, "Kekerasan politik tidak memiliki tempat di mana pun di dunia."

Ketika ditanya tentang insiden tersebut, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa hal itu menunjukkan "bermain api" memiliki konsekuensi yang tampaknya merujuk pada dukungan AS untuk Ukraina.

Keluarga Routh Membelanya

Salah satu putra Routh, Adam, mengatakan kepada Reuters segera setelah insiden tersebut bahwa itu bukanlah sesuatu yang dia yakini akan dilakukan oleh ayahnya.

Anaknya yang lain, Oran, mengatakan kepada CNN bahwa ayahnya tidak seperti itu "untuk melakukan hal-hal gila, apalagi kekerasan."

"Saya tidak punya komentar apa pun selain profil karakternya sebagai ayah yang penyayang dan peduli, serta pria yang jujur dan pekerja keras," ujar Oran Routh.

Baca juga: Swiss akan Usir Ratusan Ilmuwan Rusia dari Laboratorium Fisika Partikel CERN

Topik Menarik